2101411003, Ken Narendra Respati (2025) STUDI PARAMETRIK KINERJA PILAR TUNGGAL, MAJEMUK, DAN DINDING DALAM JEMBATAN DENGAN LEAD RUBBER BEARING (LRB). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Kelengkapan Awal, BAB I dan BAB V, Daftar Pustaka]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Naskah Skripsi (SM) - Ken Narendra Respati - Kelengkapan Awal, BAB I dan BAB V, Daftar Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Abstrak, BAB II-IV, Lampiran]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Naskah Skripsi (SM) - Ken Narendra Respati - Abstrak, BAB II-IV, Lampiran.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (25MB)
Abstrak
Lead rubber bearing (LRB) adalah perangkat isolasi seismik jenis elastomeric rubber bearing yang sering digunakan pada struktur bangunan dan jembatan untuk mendisipasi atau meredam gaya gempa. Dalam konteks jembatan, LRB digunakan untuk meningkatkan ketahanan seismik struktur, khususnya pada sistem penopang seperti pilar tunggal, pilar majemuk, dan pilar dinding. Kajian ini bertujuan untuk memodelkan dan menganalisis struktur jembatan PCI Girder di jalan tol “X”, Kota Yogyakarta, dengan mempertimbangkan pengaruh LRB terhadap berbagai jenis pilar. Metode analisis yang digunakan adalah respons spektra berdasarkan data gempa rencana dengan analisis multi mode. Parameter LRB dibuat konstan dalam seluruh simulasi untuk mengevaluasi performa masing-masing jenis pilar secara ekivalen. Parameter pilar awal disetarakan berdasarkan demand-capacity ratio nya. Analisis meliputi gaya aksial, geser, momen, dan deformasi pada arah longitudinal dan transversal. Hasil studi menunjukkan bahwa pilar dinding memiliki kinerja struktural paling optimal setelah pemasangan LRB, dengan reduksi tertinggi pada gaya geser longitudinal dan transversal sebesar 63% dan 35%, momen arah longitudinal sebesar 68%, dan deformasi sebesar 70%, khususnya dalam arah longitudinal. Kajian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan teknologi isolasi seismik serta membantu mengekspektasikan perencanaan jembatan yang lebih tahan gempa, sekaligus memperkaya ilmu pengetahuan di bidang rekayasa teknik sipil.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4 |
User ID Pengunggah: | Ken Narendra Respati |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:58 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 07:58 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/25943 |