RANCANGAN USAHA JASA PERJALANAN INSENTIF KE INDONESIA TIMUR OLEH CV TIMUR TERRA ESCAPES

2005413058, Brigitta Valentina Jessica and 2005413035, Rahmawati Putri and 2005413047, Tamara Trima Rizki (2025) RANCANGAN USAHA JASA PERJALANAN INSENTIF KE INDONESIA TIMUR OLEH CV TIMUR TERRA ESCAPES. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 1,2 dan 7] Text (Bab 1,2 dan 7)
BP CV TIMUR TERRA ESCAPES_BAB 1,2,7.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of BP TIMUR TERRA ESCAPES_ BAB 3,4,5,6.pdf] Text
BP TIMUR TERRA ESCAPES_ BAB 3,4,5,6.pdf

Download (1MB)

Abstrak

CV Timur Terra Escapes adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa perjalanan insentif yang dirancang khusus untuk perusahaan. Perusahaan berdiri pada tahun 2024 dan didirikan oleh 3 orang yaitu Tamara Trima Rizki, Brigitta Valentina Jessica, dan Rahmawati Putri. Modal awal yang dimiliki perusahaan sebasar Rp150.000.000,- dengan pembagian 40% dari direktur utama. Nomor Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) perusahaan yaitu 82301- Jasa Penyelenggara Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konferensi dan Pameran (MICE) dan 79121-Aktivitas Biro Perjalanan Wisata.
Produk utama perusahaan yaitu incentive (Jelajah Timur Nusantara) dengan 2 destinasi yang ditawarkan yaitu Taman Nasional Komodo dan Manado, menawarkan proses profiling karyawan dengan harga mulai dari Rp 426.839.400,- /20pax dengan konsep Nature dan Culture and Community dalam program. Selain produk utama, perusahaan memiliki produk pendamping yaitu corporate outing (Jejak Inspirasi) dengan harga Rp 337.395.600,-/20pax dan team building (Emporium Transformasi) dengan harga Rp 232.101.000,-/20pax.
Segmentasi pasar CV Timur Terra Escapes yaitu perusahaan di wilayah JaDeTaBek yang telah berusia 10 tahun keatas dan tertarik menjadikan perjalanan insentif sebagai investasi dalam kesejahteraan karyawan. Target pasar perusahaan yaitu perusahaan di wilayah Jakarta dan sekitarnya yang tergolong dalam skala perusahaan menengah dan besar. Positioning perusahaan yaitu memberikan
program perjalanan insentif yang tidak hanya rekreatif dengan kekayaan alam dan budaya tetapi juga stategis bagi perkembangan perushaan.
Strategi pemasaran yang perusahaan gunakan yaitu 7P diataranya Product, Price, Place, Promotion, Process, People, dan Physical Evidence dengan strategi promosi yang dilakukan yaitu advertising, public relation/publicity, direct marketing, dan personal selling. Target buyers unit yang dituju dari penggunaan strategi ini adalah users, influencer dan decider yang dalam perusahaan contohnya adalah Direktur, dan HRD.
Proyeksi penjualan tahun 2024-2028 memperkirakan Jelajah Timur Nusantara akan dilakukan sebanyak 20 kali. Jejak Inspirasi dan Emporium Transformasi akan dilakukan sebanyak 25 kali. Berdasarkan proyeksi penjualan tersebut, diharapkan mendapat pendapatan sebesar Rp5.533.061.400,- (lima miliar lima ratus tiga puluh tiga juta enam puluh satu ribu empat ratus rupiah)
Berdasarkan perhitungan analisis Payback Period, dapat diketahui bahwa modal awal akan kembali dalam waktu 2 tahun 18 hari. Pada perhitungan Return of Investment, persentase yang diraih perusahaan selama 5 tahun sebesar -24%, 104%, 354%, 672%, 1034%, setelah melakukan seluruh analisa tersebut, dapat disimpulkan bahwa perusahaan memenuhi syarat dalam kelayakan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 650 Manajemen dan layanan tambahan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
800 – Kesusastraan (Kesusastraan Indonesia dikelas 899) > 800 Kesusastraan, retorika, dan kritikan > 806 Organisasi dan manajemen di bidang kesusastraan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: D4 Brigitta Jessica
Date Deposited: 03 Aug 2025 11:53
Last Modified: 03 Aug 2025 11:53
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/25158

Actions (login required)

View Item
View Item