Can, Ahlul Haq (2025) PERAWATAN HOIST CRANE DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) UNTUK MENGURANGI BREAKDOWN DI PT. DEXIN STEEL INDONESIA (DSI) KAWASAN PT. IMIP. [Laporan Kampus Merdeka]
![[thumbnail of Laporan Praktek Kerja Lapangan MBKM]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN - MBKM PT IMIP x PT DSI - AHLUL HAQ CAN-2102321005.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (7MB)
Abstrak
PT. Dexin Steel Indonesia site kawasan PT. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) merupakan perusahaan manufaktur yang begerak dibidang pembuatan baja billet. Tingginya waktu downtime di perusahaan ini menyebabkan terganggunya waktu produksi. Untuk mengatasi hal ini serta untuk mencapai kestabilan performa crane, maka perlu adanya Tindakan perawatan yang intensif pada setiap komponen crane. Metode Reliability Centered (RCM),digunakan untuk mengetahui interval waktu perawatan dan untuk mengetahui dampak positif dilakukan perawatan terencana. Dari hasil penelitian diketahui bahwa ada 4 komponen kritis pada mesin crane yang perlu memperoleh prioritas tindakan perawatan dengan priode waktu interval perawatan untuk masing-masing komponen sebesar 4,5 jam untuk motor 3 phase, 0,17 jam untuk brake, 10,28 jam untuk MCB 1 phase, 4,5 jam untuk overload.
Tipe Dokumen: | Laporan Kampus Merdeka |
---|---|
Subjek: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 534 Suara, bunyi dan getaran yang terkait 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Mesin > Teknologi Rekayasa Konversi Energi D4 |
User ID Pengunggah: | S.Tr Ahlul Haq Can |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 03:56 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 03:56 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/24853 |