Standar Operasional Prosedur Penerbitan Surat Perintah Kerja PT Setiajaya Toyota Body And Paint

Dayu Nur Avrilia, Annisa (2025) Standar Operasional Prosedur Penerbitan Surat Perintah Kerja PT Setiajaya Toyota Body And Paint. Laporan Teknis. Mahasiswa Administrasi Niaga, Depok, Indonesia. (Unpublished)

[thumbnail of Pembuatan standar operasional prosedur penerbitan surat perintah kerja untuk meminimalisir terjadinya ketidaksesuaian] Text (Pembuatan standar operasional prosedur penerbitan surat perintah kerja untuk meminimalisir terjadinya ketidaksesuaian)
LAPORAN MAGANG_ANNISA DAYU N.A PT SETIAJAYA TOYOTA BODY AND PAINT_repository.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Pada era digital, integrasi sistem informasi menjadi faktor kunci dalam meningkatkan efisiensi operasional, termasuk dalam industri otomotif. PT Setiajaya Toyota Body & Paint, sebagai penyedia layanan perbaikan kendaraan resmi Toyota, menghadapi permasalahan dalam sinkronisasi Surat Perintah Kerja (SPK) manual dan SPK sistem. Ketidaksesuaian ini berdampak pada perhitungan biaya, keterlambatan pembayaran klaim asuransi, dan revisi dokumen yang memakan waktu. Hal ini menyebabkan penagihan klaim yang seharusnya diselesaikan dalam 14-30 hari kerja tertunda hingga tiga bulan, menghambat arus kas dan meningkatkan risiko kerugian finansial.

Laporan magang ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab ketidaksesuaian SPK serta merancang solusi dalam bentuk Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk memastikan efisiensi administrasi dan proses penagihan klaim yang lebih akurat. Dengan implementasi SOP, perusahaan diharapkan dapat meningkatkan akurasi data, mempercepat alur kerja, serta menjaga kepercayaan pelanggan dan mitra bisnis.

Tipe Dokumen: Dokumen Internal (Laporan Teknis)
Kata Kunci Uncontrolled: Surat Perintah Kerja (SPK), SPK Manual, SPK Sistem, Standar Operasional Prosedur (SOP), efisiensi operasional, administrasi bisnis, klaim asuransi, sinkronisasi data, manajemen risiko, SAP (System Applications and Products), penagihan asuransi, proses approval.
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 368 Asuransi
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Annisa Dayu Nur Avrilia
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:15
Last Modified: 30 Jun 2025 02:15
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/24326

Actions (login required)

View Item
View Item