1802313013, Christopher (2021) Studi Kasus Kegagalan Engine Bleed Not Closed pada pesawat Airbus 330-300 milik PT. Garuda Indonesia. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
FILE REPOSITORY 1.pdf
Download (910kB)
FILE REPOSITORY 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Manuskrip .pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (145kB)
Abstrak
Engine bleed valve adalah valve pengatur suplai aliran udara bertekanan yang dibutuhkan oleh sistem lain pada pesawat terbang. Sistem yang saling berkaitan menciptakan kenyamanan dan keamanan pada penumpang. Engine bleed valve dalam keadaan normal tertutup dan diatur oleh selenoid bleed valve dengan mengawasi suhu serta tekanan yang ada pada sistem. Berlebihnya suhu dan tekanan dalam sistem menyebabkan menutupnya engine bleed valve. Keadaan engine bleed valve macet terbuka (stuck open) atau tidak mau menutup menyebabkan tekanan serta suhu berlebih pada sistem yang dapat berbahaya bila berkelanjutan. Data di analisis menggunakan diagram ishikawa untuk mengetahui penyebab engine bleed valve yang macet dalam posisi terbuka (stuck open) atau tidak mau menutup. Berdasarkan analisis menggunakan diagram ishikawa, terjadinya engine bleed valve macet terbuka (stuck open) atau tidak mau menutup dikarenakan metode, peralatan, SDM, material, dan lingkungan tempat bekerja yang tidak sesuai. Oleh karena itu, dilakukan analisis, penanganan, serta pencegahan pada kasus engine bleed valve macet terbuka (stuck open) atau tidak mau menutup.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3) |
---|---|
Subjek: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 520 Astronomi > 521 Mekanika angkasa |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Mesin > Teknik Mesin D3 |
User ID Pengunggah: | Christopher christopher |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 05:05 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 05:05 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2381 |