RANCANGAN USAHA BISNIS PROMOTOR FANMEETING OLEH PT BE REAL ENTERTAINMENT

2005413032, Dafina Mawaddah Salsabila (2024) RANCANGAN USAHA BISNIS PROMOTOR FANMEETING OLEH PT BE REAL ENTERTAINMENT. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman_Rancangan Usaha Bisnis Promotor Fanmeeting oleh PT Be Real Entertainment.pdf

Download (17MB)
[thumbnail of Bab 2 - Bab 7] Text (Bab 2 - Bab 7)
Isi_Rancangan Usaha Bisnis Promotor Fanmeeting oleh PT Be Real Entertainment.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

PT Be Real Entertainment adalah bisnis yang bergerak di bidang penyelenggaraan event khusus yaitu fanmeeting idola atau aktor/aktris baik lokal maupun internasional yang diberi nama “Closer to You’. Perusahaan ini berdiri pada 20 Agustus 2024 dan memulai aktivitas penjualan pada tahun 2025. Perusahaan ini terdiri dari Afifah Al Zahra sebagai Direktur Utama, Al Hajja Sitti Chadijah sebagai Direktur Keuangan, dan Dafina Mawaddah Salsabila sebagai Direktur Pemasaran.
PT Be Real Entertainment berlokasi di Ciracas, Jakarta Timur. Pemilihan lokasi tersebut dipilih karena kemudahan aksesibilitas dan berpusat pada aktivitas manusia
dan strategis. Fanmeeting yang diselenggarakan oleh PT Be Real Entertainment berorientasi kepada kepuasaan penggemar dan berkolaborasi dengan fanbase yang
ada di Indonesia. PT Be Real Entertainment menawarkan produk utama yaitu “Closer to You” yang memiliki makna lebih dekat dengan penggemar. Pemilihan kata Closer to You
sebagai nama produk utama PT Be Real Entertainment didasari makna yang ingin disampaikan, yaitu terjalinnya kedekatan antara penggemar dengan idola favorit.
Fanmeeting ini terbagi menjadi dua jenis paket yaitu fanmeeting offline dan fanmeeting online yang dimana target pasarnya adalah penggemar, fansite, fanbase, generasi millennial, generasi Z, generasi alpha serta kalangan yang menyukai idola tersebut. Konsep dari Closer to You ini adalah aktivitas fanmeeting dengan suasana yang harmonis dan lebih akrab antara penggemar, idola serta PT Be Real Entertainment. Melihat tingginya tingkat penggemar dan tingkat konsumsi masyarakat untuk melihat idolanya secara langsung membuka pasar yang luas dan permintaan yang semakin meningkat. Dengan adanya teknologi dan media sosial semakin memudahkan promosi dan distribusi informasi tentang detail acara, hubungan kerja sama dengan platform media sosial yang sering digunakan idola dan memperluas jangkauan serta akses bagi penggemar. Dengan dukungan pemerintah, inovasi dan kolaborasi antar industri, industri event kreatif di Indonesia khususnya pada bidang fanmeeting memiliki kemampuan untuk terus berkembang dan berdampak positif baik pada ekonomi maupun budaya.
Untuk mengetahui pasar, PT Be Real Entertainment sudah melakukan analisis target pasar dengan menyebarkan kuesioner pada platform google form dan mendapatkan 165 responden yang ditujukan kepada penggemar, fansite, fanbase, serta penyuka idola tersebut. Hasil riset tersebut memberikan data bahwa 42,1% sangat setuju untuk membeli tiket fanmeeting di masa mendatang jika idola favorit
penggemar mengadakan fanmeeting serupa di Indonesia walaupun dengan penyelenggara yang berbeda. Dengan melihat antusias ini, PT Be Real Entertainment memproyeksikan penjualan 3 tahun kedepan, yaitu pada tahun 2025 dengan total penyelenggaraan sebanyak 5 fanmeeting (4 fanmeeting offline & 1 fanmeeting online), pada tahun 2026 dengan total penyelenggaraan sebanyak 6
fanmeeting (4 fanmeeting offline & 2 fanmeeting online), pada tahun 2025 dengan total penyelenggaraan sebanyak 8 fanmeeting (5 fanmeeting offline & 2 fanmeeting online). PT Be Real Entertainment telah menghitung periode pengembalian investasi dan didapatkan bahwa pengembalian investasi perusahaan adalah dalam waktu 2 (dua) tahun 4 (empat) bulan 4 (empat) hari. Lalu, analisis Return on Investment menunjukkan kenaikan di setiap tahun nya, yaitu pada tahun 2025 mendapatkan hasil 101%, tahun 2026 mendapatkan 109%, dan tahun 2027 mendapatkan 112%. Dari hasil tersebut, menunjukkan bahwa perusahaan PT Be Real Entertainment layak untuk dijalankan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: S.Tr.Par Dafina Mawaddah Salsabila
Date Deposited: 30 Dec 2024 01:48
Last Modified: 30 Dec 2024 01:48
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/23751

Actions (login required)

View Item
View Item