4517010008, Rafa Shafiyah Lestari (2021) RANCANGAN USAHA JASA BIRO EVENT OUTSOURCE MELALUI WEB APLIKASI “KANAKA” OLEH PT KANAKA EVENT CONNECTION. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf
Download (6MB)
ISIBab3sdBab6.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Abstrak
Trend Industri MICE di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya, mulai dari tahun 2017 sampai 2019. Peningkatan yang terjadi pada industri event MICE ini dilihat dari banyaknya penyelenggaraan event yang terjadi. Dengan meningkatnya jumlah penyelenggaran event, kebutuhan akan jasa event outsource atau tenaga lepas acara juga terus bertambah. Dengan melihat peluang tersebut, PT Kanaka Event Connection terinspirasi untuk menyediakan web aplikasi bernama “Kanaka” yaitu platform penyedia event outsource yang mempunyai tujuan untuk memberikan kemudahan bagi event outsource mendapatkan pekerjaan paruh waktu dalam sebuah event dan juga memudahkan penyelenggara event dalam menemukan event outsource sesuai dengan kriteria yang diinginkan dan dibutuhkan.
“Kanaka” menawarkan pilihan event outsource, diantaranya liaison officer, registration officer, note-taker, show director, logistik, runner dan usher dengan 2 kategori level yaitu basic dan experienced. Selain itu, PT Kanaka Event Connection juga menawarkan produk pendukung bernama Kanaka Online Course.
Peluncuran produk utama PT Kanaka Event Connection, yaitu web aplikasi “Kanaka”, akan dilaksanakan pada bulan Januari 2024, hal ini dikarenakan adanya pertimbangan mengenai industri event di Indonesia yang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19. Maka dari itu, akan dilakukan penjualan produk pendukung yaitu Kanaka Online Course terlebih dahulu.
PT Kanaka Event Connection menetapkan harga jual online courses seharga Rp300,000. Dengan harga tersebut konsumen akan mendapatkan fasilitas pelatihan yang atraktif dengan durasi course selama 150 menit. Untuk harga jual event outsource ditetapkan mulai dari Rp 400,000 dengan commision fee sebesar 25% yang akan dipotong dari tarif event oursource.
PT Kanaka Event Connection melakukan perhitungan tren pasar dengan hasil persentase kenaikan jumlah penyaluran event outsource yang dilakukan oleh setiap pesaing diantaranya, GreenZone sebesar 28,28% Info Volunteer sebesar 15,77%, Indorelawan sebesar 36,6% dan H.O.M sebesar 19,23%. Dari hasil tersebut PT Kanaka Event Connection dapat menentukan proyeksi selama 3 tahun dengan menyediakan 518 outsource pada tahun 2004, 596 outsource pada tahun 2025 dan 685 outsource pada tahun 2026.
Selain menganalisa kondisi pasar, PT Kanaka Event Connection juga melakukan analisa kondisi keuangan perusahaan selama 5 tahun mendatang dengan cara melakukan analisis kelayakan usaha menggunakan beberapa metode dengan hasil sebagai berikut: Payback Period (PP) dengan hasil pengembalian modal dalam jangka waktu 3 Tahun 10 Bulan 14 Hari, Net Present Value (NPV) dengan hasil > 0 bernilai positif yaitu sebesar Rp88.207.115, Profitability Index (PI) dengan hasil sebesar 2.71, Internal Rate of Return (IRR) sebesaar 33,1%. dan Rate of Investment (ROI) dengan presentase yang didapat mencapai 45%.
Berdasarkan seluruh analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa dari sisikeuangan PT Kanaka Event Connection memenuhi persyaratan dalam penilaian kelayakan usaha
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > MICE D4 |
User ID Pengunggah: | Rafa Shafiyah Lestari |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 08:53 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 08:53 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2293 |