2102311065, Ahmad Diartama Perisha Terok (2024) STUDI KASUS PENYEBAB PENURUNAN KINERJA MESIN PADA UNIT LOKOMOTIF CC206. D3 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.
Bab 1 dan Bab 5.pdf
Download (1MB)
Bab 2, Bab 3, Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Abstrak
Lokomotif CC206 adalah jenis lokomotif diesel elektrik yang dioperasikan oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI). Lokomotif ini merupakan salah satu andalan dalam armada lokomotif KAI karena kemampuannya yang handal dalam menarik kereta penumpang dan kereta barang. lokomotif ini memainkan peran penting dalam operasional kereta api di Indonesia. Namun, seperti halnya mesin diesel lainnya, lokomotif CC206 memerlukan perawatan yang cermat untuk menjaga kinerja optimalnya. Keandalan dan efisiensi operasional lokomotif ini sangat bergantung pada kondisi komponen-komponennya, termasuk komponen Engine Filter. Komponen Engine Filter terdiri dari saringan udara, saringan bahan bakar, dan saringan oli, komponen inilah yang memiliki peran krusial dalam menjaga kebersihan sistem mesin dan memastikan kinerja optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak dari kondisi komponen Engine Filter yang kotor terhadap kinerja mesin lokomotif CC206. Metode penelitian ini melibatkan pengumpulan data lapangan, wawancara dengan teknisi dan operator lokomotif, serta studi literatur terkait lokomotif. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan Root Cause Analysis yang di implementasikan melalui diagram Fishbone untuk mengidentifikasi akar masalah yang menyebabkan penurunan kinerja mesin pada unit lokomotif CC206. Diagram Fishbone digunakan untuk menyajikan secara grafis hubungan antara faktor manusia, Perawatan, material, dan Lingkungan dengan kinerja mesin lokomotif CC206. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kelalaian pada kinerja mekanik. Mekanik dalam melakukan perawatan dan tindakan perbaikan tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Selain itu, pada faktor material juga sangat berpengaruh pada kinerja lokomotif CC206. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kembali bahwa material yang akan digunakan serta pada saat setelah pemasangan komponen dalam kondisi baik guna menjaga kinerja optimal dan keandalan operasional Lokomotif CC206. Faktor lingkungan workshop yang berdebu dan penutup pelindung yang tidak diperiksa secara rutin juga turut berkontribusi terhadap penurunan kinerja mesin.
Kata kunci: komponen Engine Filter, Root Cause Analysis, Diagram Fishbone, Maintenance.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 625 Teknik jalan kereta api dan jalan raya 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Mesin > Teknik Mesin D3 |
User ID Pengunggah: | D3 Ahmad diartama Perisha terok |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 07:37 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:37 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/22808 |