ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PROSES PERAKITAN KABIN TRUK TD DENGAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL DI PT. X

4217010023, Ahmad Zaki Karim (2024) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PROSES PERAKITAN KABIN TRUK TD DENGAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL DI PT. X. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka, dan Lampiran] Text (Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka, dan Lampiran)
A.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 2 s.d. Bab 4] Text (Bab 2 s.d. Bab 4)
B.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Seminar Nasional] Text (Seminar Nasional)
Seminar Nasional Teknik Mesin 2022 - Analisis Pengendalian Kualitas Pemasangan Pipe Clutch Pada Truk TD Dengan Metode SQC di PT. X - Ahmad Zaki Karim.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (547kB)

Abstrak

PT. X merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perakitan kendaraan niaga. Dalam proses produksi, perakitan kabin menjadi salah satu proses dari dua proses perakitan utama, dan perlu dilakukan pengendalian kulitas hasil rakitan kabin demi menjaga nilai dan standar kepercayaan pelanggan. Dalam pengendalian kualitas perakitan kabin ditemui permasalahan yaitu jumlah kecacatan dalam perakitan melebihi standar maksimum jumlah kecacatan bulanan, yaitu 3 kecacatan, dan berdasarkan hasil pendataan kuantitas kecacatan periode Januari s.d. Juni 2021 terdapat satu jenis kecacatan yang berulang serta persentase terbesar dengan persentase cacat 13.1 persen dengan jenis kecacatan pipe clutch touch to bracket instrument panel. Penelitian ini menggunakan metode statistical quality control yang melingkupi beberapa tahapan, yaitu: membuat diagram alir, mengumpulkan data, membuat histogram, melakukan uji kecukupan data, membuat peta kendali, menentukan prioritas perbaikan (diagram pareto), membuat (diagram sebab-akibat). Data kecacatan yang telah direkapitulasi kemudian diolah dengan peta kendali P yang mengahasilkan bahwa terdapat nilai yang melebihi batas pada peta kendali dengan proporsi kecacatan 0.685 persen. Analisis dengan diagram sebab akibat menujukkan bahwa penyebab terjadinya kecacatan ialah standardisasi komponen yang tidak sesuai dan penjadwalan shift operator yang kurang tepat. Tindakan perbaikan dilakukan untuk menyelesaikan penyebab permasalahan tersebut dan menekan persentase kecacatan. Pendataan setelah dilakukan tindakan perbaikan yang direkapitulasi dalam periode Juli s.d. Agustus 2021 menunjukkan bahwa kuantitas kecacatan pada jenis kecacatan pipe clutch touch to bracket instrument panel telah terkontrol dalam grafik peta kendali P dengan proporsi kecacatan 0.062 persen

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Manufaktur D4
User ID Pengunggah: Ahmad Zaki Karim
Date Deposited: 17 Sep 2024 10:05
Last Modified: 17 Sep 2024 10:05
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/22394

Actions (login required)

View Item
View Item