2102311042, Khilwan Fathoni (2024) STUDI KASUS KERUSAKAN NOSE LANDING GEAR SHOCK STRUT PADA PESAWAT BOEING-7XX DENGAN METODE ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA) DI PT. XYZ. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
LAPORAN TUGAS AKHIR KHILWAN FATHONI BAB I DAN BAB V.pdf - Submitted Version
Download (2MB)
LAPORAN TUGAS AKHIR KHILWAN FATHONI BAB 2, BAB 3, DAN BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB) | Request a copy
Abstrak
Kerusakan pada Nose Landing Gear Shock Strut pada pesawat Boeing-777 merupakan masalah serius yang dapat mempengaruhi keselamatan penerbangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab utama kerusakan Nose Landing Gear Shock Strut menggunakan metode Root Cause Analysis (RCA) dengan pendekatan Fishbone Diagram. Studi ini dilakukan melalui analisis data kerusakan yang terjadi pada Nose Landing Gear Shock Strut, termasuk inspeksi fisik, review dokumen pemeliharaan, dan wawancara dengan teknisi pemeliharaan pesawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerusakan Nose Landing Gear Shock Strut disebabkan oleh beberapa faktor utama seperti kelelahan material, kesalahan pemeliharaan, dan kondisi operasional yang tidak sesuai AMM (Aircraft Maintenance Manual). Penggunaan Fishbone Diagram dalam Root Cause Analysis memungkinkan identifikasi faktor-faktor penyebab kerusakan secara sistematis dan menyeluruh. Temuan ini memberikan rekomendasi untuk perbaikan dalam prosedur pemeliharaan dan operasi guna mencegah kerusakan serupa di masa depan.
Kata Kunci: Nose Landing Gear, Shock Strut, Boeing-777, Root Cause Analysis, Fishbone Diagram, Aircraft Maintenance Manual.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Mesin > Teknik Mesin D3 |
User ID Pengunggah: | D3 Khilwan Fathoni |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 08:25 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 08:25 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/22378 |