PENGARUH PENGGUNAAN LAYANAN GOFOOD TERHADAP PERTUMBUHAN PENDAPATAN DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA UMKM MITRA GOJEK KECAMATAN BEJI

2005421010, Muhammad Akbar (2024) PENGARUH PENGGUNAAN LAYANAN GOFOOD TERHADAP PERTUMBUHAN PENDAPATAN DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA UMKM MITRA GOJEK KECAMATAN BEJI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian 1 (Cover, Abstrak, Daftar-daftar, Bab 1, Bab 3, Lampiran)] Text (Bagian 1 (Cover, Abstrak, Daftar-daftar, Bab 1, Bab 3, Lampiran))
Bagian 1_Muhammad Akbar.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Bagian 2 (Bab 2 dan Saran)] Text (Bagian 2 (Bab 2 dan Saran))
Bagian 2_Muhammad Akbar(Bab 2 dan Saran).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan layanan GoFood
terhadap pertumbuhan pendapatan UMKM mitra Gojek di Kecamatan Beji, serta
menganalisis peran promosi sebagai variabel moderasi dalam memperkuat pengaruh
tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan
data primer dan sekunder. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square
Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan pengujian inner model, outer model,
dan bootstrapping. Populasi penelitian terdiri dari 539 UMKM di Kecamatan Beji, dengan
sampel sebanyak 100 responden yang merupakan pengguna layanan GoFood, ditentukan
melalui rumus Lameshow. Pengujian dan analisis data menggunakan software SmartPLS
4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan layanan GoFood memiliki
pengaruh positif terhadap pertumbuhan pendapatan UMKM dengan nilai t-hitung
sebesar 5,495, yang melebihi nilai t-tabel 1,96, dan tingkat signifikansi 0,000 yang
lebih kecil dari 0,05. Namun, promosi sebagai variabel moderasi tidak
menunjukkan pengaruh signifikan dalam memperkuat pengaruh penggunaan
layanan GoFood terhadap pendapatan UMKM, dengan nilai t-hitung sebesar 1,532
yang lebih kecil dari nilai t-tabel 1,96, dan tingkat signifikansi 0,126 yang lebih
besar dari 0,05. Oleh karena itu, hipotesis bahwa promosi dapat memoderasi
pengaruh penggunaan layanan GoFood terhadap pertumbuhan pendapatan UMKM
ditolak.
Kata kunci: Layanan GoFood, Pertumbuhan Pendapatan UMKM, Promosi

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Muhammad Akbar
Date Deposited: 18 Sep 2024 21:44
Last Modified: 18 Sep 2024 21:44
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/22301

Actions (login required)

View Item
View Item