Evaluasi Program BIP (Biennial Inspection Program) Pada Boiler Menggunakan Metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA) Dan Fault Tree Analysis (FTA)

2002322010, Andi Chairul Rizqi Akmal (2024) Evaluasi Program BIP (Biennial Inspection Program) Pada Boiler Menggunakan Metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA) Dan Fault Tree Analysis (FTA). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI_Andi Chairul Rizqi Akmal_2002322010.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s/d 4] Text (Isi Bab 2 s/d 4)
ISI_Andi Chairul Rizqi Akmal_2002322010.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Analisis Kegagalan Pada Nose Tube Boiler Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA)_Andi Chairul Rizqi Akmal_2002322010.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (406kB)

Abstrak

PT Badak NGL mempunyai inspection program boiler yaitu biennial inspection program (BIP) tujuannya memeriksa komponen boiler untuk integritas komponen dan reliabilitas boiler 31-F-27 tidak menurun dikarenakan kegagalan. Laporan mendapatkan bahwa kegagalan terjadi kembali setelah BIP selesai dilaksanakan dan dari beberapa kegagalan yang terjadi sering ditemukan pada tempat atau lokasi yang sama. Permasalahan tersebut mengidentifikasikan prosedur inspection dan maintenance kegagalan belum efektif dan efisien. Maka dari itu, Penelitian ini melakukan evaluasi BIP baik aspek inspection, maintenance, dan mengalanisa kegagalan yang terjadi. Analisis menggunakan failure mode effect analysis untuk menentukan kegagalan dan menghitung nilai risk priority number serta menggunakan fault tree analysis untuk mencari akar permasalahan boiler 31-F-27. Hasil penelitian ditemukannya kegagalan dengan RPN high diantaranya scale tube, leakage tube dan rupture tube. Penyelesaian dilakukan dibagi menjadi 2 yaitu inspection dan maintenance. Penyelesaian inspection yaitu pelepasan cyclone separator dan baffle plate kedua sisi, Perhitungan ketebalan wall tube titik sebanyaknya dan sama, Penandaan setelah pengukuran, Penggunaan alat inspeksi baru yaitu robotic crawler pipe inspection system, menambahkan prosedur pengukuran ketebalan oxide scale layer, pemeliharaan keseluruhan pipa boiler, dan tes radiografi nose tube boiler . Penyelesaian maintenance yaitu penanganan cleaning tubes baru berupa scale atau rust remover, dan cleaning rutin nose tube boiler.

Kata kunci : BIP, FMEA, FTA, Boiler

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknologi Rekayasa Konversi Energi D4
User ID Pengunggah: Andi Chairul Rizqi Akmal
Date Deposited: 13 Sep 2024 08:02
Last Modified: 13 Sep 2024 08:02
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/22203

Actions (login required)

View Item
View Item