EVALUASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKTIVITAS DIGITAL HUMAS DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT KEPADA PUBLIK (Studi Kasus Pada Instagram PT Virama Karya)

2005421035, Mufid El Zidan (2024) EVALUASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKTIVITAS DIGITAL HUMAS DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT KEPADA PUBLIK (Studi Kasus Pada Instagram PT Virama Karya). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian 1 (Cover, Abstrak, Bab I, Bab III, Lampiran)] Text (Bagian 1 (Cover, Abstrak, Bab I, Bab III, Lampiran))
Bagian 1 (Cover, Abstrak, Bab I, Bab III, Lampiran)_Mufid El Zidan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bagian II (Bab II dan Saran)] Text (Bagian II (Bab II dan Saran))
Bagian II (Bab II dan Saran)_Mufid El Zidan.pdf

Download (759kB)
Official URL: https://pnj.ac.id

Abstrak

Pada pelaksanaan kegiatan kehumasan di PT Virama Karya, praktisi humas perusahaan belum maksimal dalam pemanfaatan kemajuan teknologi terutama pada media sosial Instagram sebagai sarana komunikasi perusahaan kepada publik. Pemanfataan media sosial Instagram sebagai aktivitas digital humas merupakan suatu kemajuan bagi pelaku Humas di PT Virama Karya terutama dalam membangun engagement kepada publik. Evaluasi humas terutama terhadap pemanfaatan media sosial Instagram menjadi penting untuk mendapatkan gambaran dan acuan untuk memfokuskan pengembangan serta pemanfaatan media sosial ini sebagai peningkatan produktivitas Humas di PT Virama Karya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjawab bagaimana evaluasi pemanfaatan media sosial Instagram di PT Virama Karya sebagai media digital humas dalam meningkatkan engagement kepada publiknya. Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi partisipan dengan melibatkan 3 orang informan yaitu staf humas dari PT Virama Karya dan 2 orang pengikut Instagram PT Virama Karya. Hasil penelitian menunjukkan dalam praktiknya, PT Virama Karya (Persero) sudah menggunakan dan memanfaatkan banyak platform media sosial, namun yang paling aktif digunakan adalah Instagram. Tim humas masih belum puas dan belum merasa maksimal terhadap pemanfaatan Instagram perusahaan, sehingga dibutuhkan evaluasi untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja dalam pemanfaatan media sosial Instagram PT Virama Karya. Melalui evaluasi tersebut, PT Virama Karya akan mengetahui capaian nilai yang diraih, termasuk kekurangan nilai apabila ada perencanaan media yang tidak terealisasi. Hasil dari evaluasi yang dilakukan, akan menentukan kebijakan dan tindakan yang harus dilakukan selanjutnya.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Mufid El Zidan
Date Deposited: 06 Sep 2024 09:20
Last Modified: 06 Sep 2024 09:20
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/22162

Actions (login required)

View Item
View Item