PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT KELUAR DAN SURAT MASUK DI SEKRETARIAT DITJEN BIMAS ISLAM KEMENTERIAN AGAMA RI

2105311053, Tiara Febriandra Rabbani (2024) PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT KELUAR DAN SURAT MASUK DI SEKRETARIAT DITJEN BIMAS ISLAM KEMENTERIAN AGAMA RI. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Judul, Pendahuluan, dan Penutup.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi Bab s.d. Bab 4] Text (Isi Bab s.d. Bab 4)
Bab 2 - Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat saat ini menyebabkan instansi lebih menerima perubahan yang dihasilkan dari kemajuan tersebut. Instansi dapat memperoleh manfaat besar dari penggunaan teknologi komputer sebagai alat teknologi informasi di tempat kerja untuk membantu mengintegrasikan teknologi informasi ke dalam operasi sehari-hari. Meskipun teknologi telah berkembang dengan pesat, tetapi komunikasi secara tertulis tidak dapat digantikan oleh berbagai teknologi informasi yang telah ada.

Darajat & Supriyatna (2019:145) menyatakan bahwa surat adalah komunikasi tertulis yang oleh satu pihak kepada pihak lain, yang dapat berupa individu, organisasi, atau kantor, baik pada selembar kertas maupun melalui media elektronik. Surat tersebut dapat berisi pemberitahuan, pertanyaan, permintaan, deklarasi, laporan, peringatan, dan jenis informasi lainnya. Setiap korespondensi harus ditangani seefisien mungkin agar memungkinkan tanggapan yang cepat dan tepat terhadap informasi yang dikandungnya.

Seiring dengan kemajuan teknologi, proses pengelolaan surat secara digital merupakan proses kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan untuk mengelola surat-surat perusahaan yang dilakukan secara digital melalui aplikasi yang bertujuan agar surat tersebut dapat lebih cepat dan tepat untuk ditangani. Setiap tempat kerja, khususnya yang memiliki banyak pekerjaan dan korespondensi, memerlukan efisiensi dalam menangani dan mengelola surat. Adanya kemajuan teknologi yang sangat pesat, semakin banyak instansi yang beralih ke komputer untuk menangani semua surat masuk dan keluar. Diyakini bahwa program komputer saat ini dapat membuat penanganan surat masuk dan keluar lebih efisien dan efektif daripada secara manual.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
300 – Ilmu Sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D3
User ID Pengunggah: Tiara Rabbani
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:22
Last Modified: 06 Sep 2024 02:22
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/22043

Actions (login required)

View Item
View Item