PERBANDINGAN KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE PKJI 2014 DAN PERANGKAT LUNAK PTV VISTRO

4117010021, Rangga Danisworo (2021) PERBANDINGAN KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE PKJI 2014 DAN PERANGKAT LUNAK PTV VISTRO. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (9MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (533kB)

Abstrak

Menganalisis sifat dan penyebab kemacetan di perkotaan adalah modal awal agar dapat menentukan kebijakan lalu lintas dan rencana manajamen yang tepat. Salah satu lokasi kemacetan yang perlu ditinjau adalah persimpangan, karena merupakan suatu titik bertemunya berbagai pergerakan dari arah yang berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja Simpang Empat Legundi menggunakan metode PKJI 2014 lalu dibandingkan dengan PTV Vistro . Penelitian dimulai dengan pengumpulan data-data baik primer maupun sekunder untuk memenuhi parameter kinerja simpang pada PKJI (2014) dan PTV Vistro. Perbandingan kedua metode dilakukan untuk menganalisis parameter yang berbeda dalam analisis kinerja simpang. Hasil dari analisis pada PKJI (2014) didapat derajat kejenuhan sebedar 0,967 dan tundaan sebesar 99,76 det/skr sedangkan pada PTV Vistro menunjukan angka derajat kejenuhan sebesar 0,984 dan tundaan sebesar 241,19 det/skr. Hasil analisis kedua metode menunjukan persamaan LOS yaitu F dengan tundaan >80 det/skr. Perbedaan nilai terjadi dikarenakan Pada PTV Vistro Analisis data untuk menentukan kapasitas, derajat kejenuhan, dan tundaan dianalisis dengan HCM 2010. Input nilai yang tidak sesuai PKJI (2014) juga berpengaruh pada perbedaan hasil analisis, diantaranya arah pergerakan kendaraan tidak sesuai kondisi simpang, kondisi lingkungan dianggap sama tiap pendekat yaitu CBD, dan nilai arus jenuh (S0) sebesar 3600 yang dianggap sama pada tiap pendekat.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 625 Teknik jalan kereta api dan jalan raya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Rangga Danisworo
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:53
Last Modified: 10 Sep 2021 03:53
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2191

Actions (login required)

View Item
View Item