Analisis Stock Opname Spare part Maintenance di PT Badak NGL Dengan Metode Reliability Centered Spare parts (Study Case : Electric Motor ECR 1 & 2 di Plant 1 Train G dan Train H)

2002322017, Nur Wahyu Ningsih (2024) Analisis Stock Opname Spare part Maintenance di PT Badak NGL Dengan Metode Reliability Centered Spare parts (Study Case : Electric Motor ECR 1 & 2 di Plant 1 Train G dan Train H). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
SKRIPSI_NUR WAHYU NINGSIH_2002322017_FINAL_Bab 1 dan Bab 5.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2 s/d 4] Text (Bab 2 s/d 4)
SKRIPSI_NUR WAHYU NINGSIH_2002322017_FINAL_BAB 2-BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
PAPER PROSIDING_NUR WAHYU NINGSIH_2002322017.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (618kB)

Abstrak

Warehouse hingga saat ini masih menggunakan sistem persediaan suku cadang dengan mengacu pada perhitungan periode sebelumnya.Sehingga menyebabkan berpengaruhnya terhadap kurang tepatnya quantity ketersediaan suku cadang, yaitu mengalami kekurangan stok dan kelebihan stok. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi equipment critically rating (ECR), menganalisa rekomendasi suku cadang beserta quantity suku cadang yang optimal menggunakan metode reliability centered spare (RCS) pada electric motor train G H. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pada train G terdapat 37 motor dan train H terdapat 11 motor. Jumlah motor kategori ECR 1 dan 2 pada plant 1 train G terdapat 11 motor sedangkan pada train H terdapat 5 motor, sehingga didapatkan kesimpulan bahwa seharusnya jumlah motor di train G H tidak berbeda jauh tetapi actualnya masih berbeda sehingga butuh dievaluasi terkait asset register dan ECRnya. Rekomendasi suku cadang antara motor lean amine di train G H seharusnya tidak berbeda karena jenis motornya sama tetapi pada kondisi actualnya masih terdapat perbedaan. Rekomendasi quantity suku cadang untuk train G H yaitu quantity suku cadang mengalami optimalisasi jumlah min max. Optimalisasi ini bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan suku cadang pada proses produksi. Optimalisasi untuk yang spesifik bisa langsung di implementasikan tetapi untuk optimalisasi suku cadang yang general memerlukan evaluasi lebih lanjut.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknologi Rekayasa Konversi Energi D4
User ID Pengunggah: Nur Wahyu Ningsih
Date Deposited: 12 Sep 2024 09:13
Last Modified: 12 Sep 2024 09:13
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21909

Actions (login required)

View Item
View Item