PENGARUH OVERCONFIDENCE DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPEMILIKAN CRYPTOCURRENCY (Studi Kasus Di Forum Keluh Kesah Pemain Cryptocurrency 2.0 Pada Media Sosial Facebook)

Sanjaya, Adam (2024) PENGARUH OVERCONFIDENCE DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPEMILIKAN CRYPTOCURRENCY (Studi Kasus Di Forum Keluh Kesah Pemain Cryptocurrency 2.0 Pada Media Sosial Facebook). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of FINAL SKRIPSI BAGIAN 1.pdf] Text
FINAL SKRIPSI BAGIAN 1.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of FINAL SKRIPSI BAGIAN 2.pdf] Text
FINAL SKRIPSI BAGIAN 2.pdf

Download (4MB)

Abstrak

ADAM SANJAYA. Pengaruh Overconfidence Dan Literasi Keuangan Terhadap Kepemilikan Cryptocurrency (Studi Kasus di Forum Keluh Kesah Pemain Cryptocurrency 2.0 pada Media Sosial Facebook). Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta. 2024.

Penelitian ini berfokus pada fenomena cryptocurrency yang semakin populer di era digital saat ini, dengan Bitcoin sebagai pelopor utama. Cryptocurrency menawarkan peluang investasi yang menjanjikan, namun faktor seperti overconfidence dan literasi keuangan mempengaruhi keputusan investasi dalam sektor ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh parsial dan simultan dari variabel Overconfidence (X1) dan Literasi Keuangan (X2) terhadap Kepemilikan Cryptocurrency (Y) dengan studi kasus pada Forum Keluh Kesah Pemain Cryptocurrency 2.0 di media sosial Facebook, yang merupakan salah satu komunitas paling aktif di Indonesia dengan 102.600 anggota.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linear berganda. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dari anggota forum, menghasilkan 100 responden. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 29. Uji asumsi klasik menunjukkan data terdistribusi normal, tidak terdapat gejala multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Model persamaan regresi diperoleh dengan formula Y=8.381 + 0.141 (X1) + 0.136 (X2), yang menunjukkan validitas model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Overconfidence (X1) dan Literasi Keuangan (X2) memiliki pengaruh signifikan sebesar 68,2% terhadap Kepemilikan Cryptocurrency (Y). Hasil uji hipotesis mengkonfirmasi bahwa baik overconfidence maupun literasi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi cryptocurrency, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini memberikan wawasan penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepemilikan cryptocurrency dan relevansinya bagi investor serta pembuat kebijakan.

Kata Kunci : Overconfidence, Literasi Keuangan, Kepemilikan Cryptocurrency.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email adam.sanjaya.an20@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2024 16:34
Last Modified: 18 Sep 2024 16:34
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21886

Actions (login required)

View Item
View Item