DESAIN OPTIMASI STASIUN PENUKARAN BATERAI KENDARAAN LISTRIK UMUM MOBILE RAMAH LINGKUNGAN

2209521003, INDRA NURWINANTO (2024) DESAIN OPTIMASI STASIUN PENUKARAN BATERAI KENDARAAN LISTRIK UMUM MOBILE RAMAH LINGKUNGAN. S2 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
HAL IDENTITAS TESIS (BAB 1, BAB 5, Daftar Isi, Reff...).pdf

Download (12MB)
[thumbnail of Hal Isi Bab 2-4] Text (Hal Isi Bab 2-4)
HALAMAN ISI (BAB 2-4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (31MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
JURNAL_INDRANURWINANTO_PNJ.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Emisi gas buang kendaraan bermotor merupakan penyumbang terbesar polusi udara di Indonesia, mencapai 60%. Untuk mengurangi dampak ini, pemerintah telah mengeluarkan berbagai regulasi yang mendukung penggunaan kendaraan listrik, termasuk Perpres Nomor 55 Tahun 2019 dan beberapa peraturan lain yang mengatur produksi, infrastruktur, dan perpajakan terkait kendaraan listrik. Meskipun sudah ada ribuan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Pengisian Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di Indonesia, masih ada kendala yang signifikan, seperti ketidakintegrasian stasiun dengan berbagai merek baterai dan keterbatasan infrastruktur yang tersedia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konsep stasiun penukaran baterai mobile yang ramah lingkungan, tidak tersambung ke jaringan PLN, dan menggunakan energi surya. Dalam penelitian ini, dilakukan simulasi desain perangkat lunak Hellioscope untuk menentukan jenis modul PV, kekuatan struktur dengan SolidWorks, dan analisis kondisi suhu menggunakan CFD. Tujuannya adalah untuk menghasilkan desain optimal yang mobile, aman secara struktural, serta menyediakan sistem tata udara internal yang nyaman.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa stasiun penukaran baterai mobile membutuhkan empat unit modul PV dengan kapasitas 505 Wp per unit, satu unit inverter dengan kapasitas 1,65 kW, dan empat unit baterai yang memungkinkan pengisian penuh sekitar tiga baterai motor listrik dalam empat jam per hari. Energi bulanan tertinggi tercatat pada bulan Maret sebesar 254,02 kWh, dengan kerugian sistem terbesar terjadi pada inverter. Struktur stasiun mampu menahan stress hingga 43,52 MPa, dengan deformasi minimal pada lantai dan atap. Penggunaan exhaust juga berhasil menurunkan suhu hingga 27,8°C, menunjukkan desain ini efektif dan layak untuk diterapkan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (S2)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Pascasarjana > Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur S2
User ID Pengunggah: ST Indra Nurwinanto
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:24
Last Modified: 03 Sep 2024 01:24
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21684

Actions (login required)

View Item
View Item