PERANCANGAN PROGRAM PERPINDAHAN DATA PENJUALAN DARI POINT OF SALES KE ACCURATE ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL MACRO PADA PT SKP

2004431052, Rifki Takbir Alim (2024) PERANCANGAN PROGRAM PERPINDAHAN DATA PENJUALAN DARI POINT OF SALES KE ACCURATE ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL MACRO PADA PT SKP. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 sd 4)] Text (Isi (Bab 2 sd 4))
Isi (Bab 2 sd 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Artikel Ilmiah (Jurnal))
Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (240kB)

Abstrak

Ketepatan waktu penyampaian informasi akan mempengaruhi kualitas informasi tersebut. Waktu pemrosesan data akan tergantung dengan sistem yang digunakan seperti pada sistem penjualan. Dengan tidak adanya integrasi, maka akan terjadi perpindahan data dari sistem penjualan ke sistem akuntansi. Perpindahan data yang dilakukan dengan manual akan membutuhkan waktu yang lama dan berpotensi terjadi human error. Dengan masalah itu, maka tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk merancang suatu program menggunakan Microsoft Excel Macro untuk meningkatkan keakuratan dan mempercepat perpindahan data dari Point of Sales ke aplikasi Accurate Online. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif, dimana dalam pengumpulan data memanfaatkan teknik dokumentasi. Sumber untuk memperoleh data adalah primer berupa data transaksi penjualan yang didapat langsung dari PT SKP. Dalam merancang program meliputi identifikasi data, pembuatan tabel pelanggan, tabel outlet, tabel transaksi penjualan, dan pembuatan macro. Hasil uji coba program menunjukkan bahwa data yang ter-input pada Accurate Online sudah akurat, sesuai dengan klasifikasinya, dan tanpa adanya kehilangan data. Namun, saat evaluasi terdapat error yang menyebabkan macro tidak bisa berjalan. Berdasarkan error tersebut, dilakukan penambahan baris perintah pada macro sehingga error yang terjadi dapat teratasi. Dengan demikian, program yang dibuat khusus dengan Microsoft Excel Macro untuk menangani perpindahan data dari Point of Sales ke Accurate Online dapat meningkatkan dalam hal keakuratan dan kecepatan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Rifki Takbir Alim
Date Deposited: 02 Sep 2024 00:28
Last Modified: 02 Sep 2024 00:28
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21584

Actions (login required)

View Item
View Item