Peningkatan Efisiensi Plant Pengolahan LNG PT XYZ dengan Pengaturan Mode Operasi Train Berdasarkan Algoritma Machine Learning

2002322016, Titin Irawati (2024) Peningkatan Efisiensi Plant Pengolahan LNG PT XYZ dengan Pengaturan Mode Operasi Train Berdasarkan Algoritma Machine Learning. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Upload Manuskrip_Titin Irawati_2002322016.pdf

Download (970kB)
[thumbnail of Isi Bab 2 dan Bab 4] Text (Isi Bab 2 dan Bab 4)
Isi Bab 2 - Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Pendahuluan dan Penutup.pdf

Download (2MB)

Abstrak

PT XYZ sebagai operator kilang pencairan gas alam melakukan upaya peningkatan efisiensi energi sebagai komitmen terhadap realisasi Net Zero Emission 2050. PT XYZ menghadapi tantangan berupa penurunan kuantitas dan kualitas gas alam yang diolah sehingga berdampak pada efisiensi kilang. Penurunan feed gas dan perubahan komposisinya telah menyebabkan penurunan efisiensi kilang dalam lima tahun terakhir. Salah satu parameter signifikan yang mempengaruhi efisiensi adalah penggunaan fuel gas, yang proporsinya cenderung meningkat seiring berkurangnya feed gas yang dicairkan. Konsumsi fuel gas dipengaruhi oleh berbagai faktor sehingga sulit diketahui parameter yang paling memengaruhinya. Untuk mengatasi masalah ini diaplikasikan feature selection berbasis Random Forest Regressor. Parameter terpilih berupa pembagian laju alir feed gas ke masing – masing process train tersebut akan digunakan sebagai dasar pemodelan dengan menggunakan regresi linear multivariabel yang membantu memprediksi pola penggunaan energi berdasarkan data historis. Hasil dari model ini akan digunakan untuk mengestimasi konsumsi fuel gas sehingga dapat ditentukan jumlah fuel gas minimal yang diperlukan untuk kondisi tertentu dengan bantuan solver. Improvisasi ini bertujuan untuk menurunkan konsumsi bahan bakar dan emisi gas rumah kaca. Dari hasil evaluasi didapatkan nilai RMSE:0,05 ; MAE: 0,04 ; dan MAPE: 0,1104 dengan estimasi penghematan bahan bakar sejumlah $6.051.650 dan CO2 Reduction sejumlah 35.011,3919 tonCO2eq per tahunnya.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
300 – Ilmu Sosial > 310 Statistik umum > 310 Koleksi statistik umum
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 519 Probabilitas dan matematika terapan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 660 Teknik kimia > 660 Teknik kimia
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknologi Rekayasa Konversi Energi D4
User ID Pengunggah: Titin Irawati
Date Deposited: 12 Sep 2024 05:30
Last Modified: 12 Sep 2024 05:30
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21525

Actions (login required)

View Item
View Item