Analisa Pemanfaatan Air Kondensat terhadap Efisiensi Listrik Air Conditioning Tipe Split 2 Pk

2002321011, Rif'at Ibnu Syina (2024) Analisa Pemanfaatan Air Kondensat terhadap Efisiensi Listrik Air Conditioning Tipe Split 2 Pk. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas skripsi Pendahuluan dan penutup] Text (Halaman Identitas skripsi Pendahuluan dan penutup)
Halaman Identitas Skripsi Bab 1 & Bab 5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi skripsi bab 2 sd bab 4] Text (Isi skripsi bab 2 sd bab 4)
Isi Skripsi Bab 2 - Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (801kB)

Abstrak

Sistem Air Conditioning banyak digunakan pada bangunan berukuran sedang dan besar, seperti rumah tinggal, tempat usaha dan industri. Salah satu contoh sistem Air Conditioning untuk ruangan berskala kecil adalah AC (Air Conditoning) tipe split, akan tetapi penggunaan Air Conditioning membutuhkan energi listrik yang cukup besar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengurangi penggunaan energi listrik dan meningkatkan efisiensi performa sistem Air conditioning. Penelitian ini menggunakan metode subcooling dengan memanfaatkan air kondensat terhadap pipa sebelum masuk kompresor. Variabel penting yang diukur meliputi tekanan, suhu, tegangan dan arus listrik. Hasil penelitian ini menunjukkan suhu keluaran kondensor yang menggunakan air kondensat lebih rendah dibanding yang tidak menggunakan air kondensat dan meningkatkan coefficient of performance sistem Air Conditioning. Selain itu, penggunaan air kondensat juga dapat meningkatkan efisiensi sistem Air Conditioning dan mengurangi daya listrik kompresor. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan air kondensat sebagai subcooling dapat mengurangi penggunaan energi listrik dan meningkatkan performa sistem Air Conditioning.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknologi Rekayasa KonversiĀ Energi D4
User ID Pengunggah: Rif'at Ibnu Syina
Date Deposited: 12 Sep 2024 05:22
Last Modified: 12 Sep 2024 05:22
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21420

Actions (login required)

View Item
View Item