PENGARUH FASILITAS WISATA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI THE JUNGLE WATERPARK BOGOR

2005421004, Alya Marwa Faradiba (2024) PENGARUH FASILITAS WISATA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI THE JUNGLE WATERPARK BOGOR. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi, Abstrak, Bab 1, Bab 3, dan Lampiran.pdf] Text
Halaman Identitas Skripsi, Abstrak, Bab 1, Bab 3, dan Lampiran.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 2 dan Saran.pdf] Text
Bab 2 dan Saran.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (522kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh fasilitas wisata dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) terhadap minat berkunjung kembali The Jungle Waterpark Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Data dikumpulkan melalui data primer dan sekunder, dengan metode pengambilan sampel non-probability sampling dan teknik purposive sampling, melibatkan 100 responden berdasarkan rumus Slovin. Analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM dengan menggunakan software SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai path coefficient untuk pengaruh fasilitas wisata terhadap minat berkunjung kembali The Jungle Waterpark Bogor sebesar 0.562 yang mengartikan bahwa memiliki pengaruh yang signifikan dan positif karena nilai P values pada penelitian ini yaitu 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik fasilitas wisata yang tersedia, baik dari segi kelengkapan, kebersihan, maupun kondisi, semakin tinggi pula minat pengunjung untuk kembali berkunjung. Selanjutnya untuk nilai path coefficient pada Electronic Word Of Mouth (E-WOM) terhadap minat berkunjung kembali The Jungle Waterpark Bogor sebesar 0.432 yang mengartikan bahwa memiliki pengaruh yang signifikan dan positif karena nilai P values pada penelitian ini yaitu 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa semakin intensif, positif, dan berkualitas Electronic Word Of Mouth (E-WOM) yang diterima, semakin tinggi minat pengunjung untuk kembali berkunjung. Pengaruh fasilitas wisata dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali The Jungle Waterpark Bogor, adapun pengaruh tersebut berdasarkan dapat dilihat pada nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel yaitu senilai 227.068 lebih dari 2.76 dan nilai r-square yaitu sebesar 0.820, nilai tersebut menandakan bahwa hubungan fasilitas wisata dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) memiliki berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat berkunjung kembali.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Alya Marwa Faradiba
Date Deposited: 06 Sep 2024 09:36
Last Modified: 06 Sep 2024 09:36
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21416

Actions (login required)

View Item
View Item