PENGARUH HARGA BERAS DAN STRATEGI ADAPTASI TERHADAP DAYA BELI PENGUSAHA WARTEG (STUDI KASUS PADA USAHA WARTEG KOTA DEPOK)

2005421031, Benandra Rahmat Suryadi (2024) PENGARUH HARGA BERAS DAN STRATEGI ADAPTASI TERHADAP DAYA BELI PENGUSAHA WARTEG (STUDI KASUS PADA USAHA WARTEG KOTA DEPOK). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Cover, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel dst, Bab 1, Bab 3 Dafpus dan Lampiran] Text (Cover, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel dst, Bab 1, Bab 3 Dafpus dan Lampiran)
Repository_2005421031_Benandra Rahmat Suryadi_Bagian 1.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2&5] Text (Bab 2&5)
Repository_2005421031_Benandra Rahmat Suryadi_Bagian 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (409kB) | Request a copy

Abstrak

BENANDRA RAHMAT SURYADI. Pengaruh Harga Beras dan Strategi Adaptasi terhadap Daya Beli Pengusaha Warteg (Studi Kasus Pada Usaha Warteg Kota Depok)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga beras dan strategi adaptasi terhadap daya beli pengusaha Warteg di Kota Depok. Latar belakang penelitian ini adalah fluktuasi harga beras yang signifikan yang mempengaruhi biaya operasional dan keberlanjutan usaha warung tegal (Warteg). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada 100 pengusaha Warteg di Kota Depok, Jawa Barat. Variabel independen dalam penelitian ini adalah harga beras dan strategi adaptasi, sedangkan variabel dependen adalah daya beli pengusaha Warteg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga beras tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap daya beli pengusaha Warteg dengan p-value sebesar 0.146, yang lebih besar dari tingkat signifikansi 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa fluktuasi harga beras tidak memberikan dampak berarti terhadap daya beli pengusaha warteg dikarenakan variasi harga yang tidak cukup besar, adanya strategi adaptasi efektif pengusaha Warteg, serta dominannya pengaruh komponen biaya lain dan preferensi konsumen terhadap menu atau layanan dibandingkan harga beras. Sebaliknya, variabel strategi adaptasi menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap daya beli pengusaha warteg dengan p-value sebesar 0.000, yang jauh lebih kecil dari tingkat signifikansi 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa strategi adaptasi yang diterapkan oleh pengusaha Warteg memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan daya beli mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi adaptasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap daya beli pengusaha Warteg, sementara harga beras tidak. Oleh karena itu, disarankan agar pengusaha Warteg terus mengembangkan dan menerapkan strategi adaptasi yang efektif untuk mengatasi fluktuasi harga beras.

Kata Kunci: Harga Beras, Strategi Adaptasi, Daya Beli, Pengusaha Warteg.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 335 Sistem ekonomi sosialis
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Benandra Suryadi
Date Deposited: 06 Sep 2024 09:25
Last Modified: 06 Sep 2024 09:25
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21408

Actions (login required)

View Item
View Item