PERANCANGAN PLTS ATAP DENGAN SISTEM ON-GRID PADA UMKM RUMAH INDUSTRI KONVEKSI BAJU HOSHI PRODUCTION

2302432005, Muhammad Ihsan Nur Faizin (2024) PERANCANGAN PLTS ATAP DENGAN SISTEM ON-GRID PADA UMKM RUMAH INDUSTRI KONVEKSI BAJU HOSHI PRODUCTION. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas] Text (Halaman Identitas)
Muhammad Ihsan Nur Faizin - Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Muhammad Ihsan Nur Faizin - Isi (Bab 2 s.d Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Muhammad Ihsan Nur Faizin - Paper Semnas Teknik Mesin.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (662kB)

Abstrak

Konveksi pakaian telah menjadi salah satu sektor utama ekonomi Indonesia dengan dampak besar pada pertumbuhan ekonomi, lapangan kerja, dan ekspor. Salah satu industri yang bergerak dalam bidang konveksi baju adalah HOSHI Production yang berlokasi di Kecamatan Ciracas, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Namun, seiring berjalannya waktu, industri ini telah berkembang menjadi sektor yang signifikan dalam tingginya konsumsi listrik. Dalam kurun waktu 1 hari selama 10 jam operasional, industri ini menggunakan listrik sebanyak 18.420 Wh dengan harga listrik mencapai Rp31.314 dan dapat menghasilkan emisi sebesar 0,016 ton CO2. Sehingga akan didapat tujuan dari proyek ini adalah untuk mengidentifikasi potensi penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) on-grid roof top sebagai solusi berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik industri konveksi pakaian dan mendukung program energi bersih.
Metode yang digunakan untuk melakukan proyek ini adalah menganalisis jumlah energi yang dikonsumsi selama proses produksi konveksi pakaian dengan perbandingan penggunaan listrik yang bersumber dari PLN dan PLTS sesuai dengan Peraturan Menteri EDSM Nomor 2 Tahun 2024 tentang PLTS Atap menggunakan aplikasi PVSyst dan perhitungan dari sumber literatur. Kemudian dilaksanakan analisa rangka atap, serta efisiensi dalam sektor ekonomi sehingga akan didapatkan hasil perbandingan mengenai efisiensi penggunaan listrik yaitu daya yang dihasilkan dari PLTS atap akan otomatis memotong tagihan listrik pengguna maksimal 65% dari total yang dihasilkan oleh PLTS atap.
Hasil dari proyek ini mempertimbangkan PLTS sebagai sumber energi yang bersih dan efisien baik dalam sektor energi maupun ekonomi untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan dan keberlanjutan industri konveksi pakaian.
Kata kunci : Konveksi Baju, PLTS Atap, Efisiensi Energi, Kuat Rangka Atap, Efisiensi Ekonomi, Pemeliharaan Sistem PLTS.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknologi Rekayasa Konversi Energi D4
User ID Pengunggah: Muhammad Ihsan Nur Faizin
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:37
Last Modified: 17 Sep 2024 03:37
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21407

Actions (login required)

View Item
View Item