PENGARUH CITA RASA DAN EKUITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI MIE GACOAN (Studi Kasus pada Konsumen Mie Gacoan, Kota Depok)

2005421016, BINTANG FAWWAZUL ILHANN (2024) PENGARUH CITA RASA DAN EKUITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI MIE GACOAN (Studi Kasus pada Konsumen Mie Gacoan, Kota Depok). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Cover, Daftar isi,gambar,table,lampiran, Bab 1 & 3, Daftar Pustaka, Lampiran] Text (Cover, Daftar isi,gambar,table,lampiran, Bab 1 & 3, Daftar Pustaka, Lampiran)
Bintang Fawwazul Ilhan_2005421016_Bagian 1.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2 & 5] Text (Bab 2 & 5)
Bintang Fawwazul Ilhan_2005421016_Bagian 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (348kB) | Request a copy

Abstrak

BINTANG FAWWAZUL ILHANN. Pengaruh Cita Rasa dan Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Mie Gacoan (Studi Kasus pada Konsumen Mie Gacoan, Kota Depok). Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Jakarta, 2024.

Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar fenomena Mie Gacoan yang terjadi di masyarakat terutama di Kota Depok, dipengaruhi cita rasa dan ekuitas merek Mie Gacoan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 104 responden, yang merupakan pengunjung Mie Gacoan. Variabel cita rasa diukur melalui indikator bau, rasa, dan rangsangan mulut, sedangkan ekuitas merek diukur melalui brand awareness, perceived quality, dan brand loyalty. Minat beli diukur berdasarkan minat transaksional, referensial, dan eksploratif. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS untuk mengidentifikasi pengaruh langsung dan tidak langsung dari cita rasa (X1) dan ekuitas merek (X2) terhadap minat beli (Y). Hasil analisis menunjukkan bahwa cita rasa memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), menandakan bahwa cita rasa yang baik meningkatkan minat beli konsumen. Ekuitas merek juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan tingkat signifikansi 0,003 (<0,05). Secara keseluruhan, kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai R-Square 61,8%, yang menunjukkan bahwa variabilitas minat beli konsumen Mie Gacoan Kota Depok dapat dijelaskan oleh cita rasa dan ekuitas merek. Rekomendasi untuk Mie Gacoan meliputi pengembangan rasa baru dan peningkatan ekuitas merek melalui strategi pemasaran kreatif. Penelitian berikutnya disarankan untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti media sosial dan strategi promosi harga dalam memengaruhi minat beli konsumen..

Kata Kunci: Cita Rasa, Ekuitas Merek, Minat Beli

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Bintang Fawwazul Ilhann
Date Deposited: 06 Sep 2024 09:23
Last Modified: 06 Sep 2024 09:23
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21399

Actions (login required)

View Item
View Item