2005421017, Zahra Alkania Dinillah (2024) Strategi Pemasaran Menggunakan Pendekatan Analisis SWOT pada UMKM Wishlist di Nuansa Hijau Ciomas. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Bagian 1 Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB) | Request a copy
Bagian 2 skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (496kB) | Request a copy
Abstrak
Persaingan dalam industri produksi dan jasa merupakan hal yang tak terhindarkan, di mana produsen berusaha memenuhi kebutuhan konsumen dengan produk berkualitas dan biaya yang efisien (Meliala dkk., 2023:642). Dikutip dari Kadin.id meskipun jumlah UMKM cenderung fluktuatif, adopsi digital oleh UMKM mengalami peningkatan signifikan dari tahun 2020 hingga 2024. Plt. Bupati Bogor mengungkapkan bahwa potensi UMKM di Wilayah Kecamatan Ciomas sangat besar terutama di bidang alas kaki, sepatu, sandal dan lainnya (dikutip dari bogor-today.com). Salah satu UMKM di daerah ini, Wishlist, menghadapi tantangan dalam meningkatkan penjualan dan daya saing produk sandal mereka, sebagaimana terlihat dari penjualan yang fluktuatif di platform e-commerce seperti TikTok dan Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan volume penjualan Wishlist dan menghadapi persaingan. Dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT, penelitian ini akan mengeksplorasi strategi pemasaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan performa dan visibilitas produk Wishlist di pasar yang kompetitif. Penelitian ini berfokus pada analisis SWOT untuk UMKM Sandal Wishlist di Nuansa Hijau Ciomas, tahun 2024. Penelitian ini membatasi cakupannya pada analisis lingkungan internal dan eksternal Wishlist serta penyusunan alternatif strategi prioritas melalui matriks QSPM. Rumusan masalah meliputi evaluasi SWOT dan penentuan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan penelitian adalah untuk melakukan analisis SWOT yang mendalam dan merumuskan strategi pemasaran yang sesuai untuk Wishlist. Penelitian dilaksanakan pada Maret hingga Agustus 2024. Menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, kuesioner, dan dokumentasi. Informan terdiri dari pemilik, staf internal, karyawan eksternal, dan konsumen. Analisis data mencakup SWOT dan matriks strategis seperti EFE, IFE, dan IE untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, serta untuk mengembangkan dan memprioritaskan strategi pemasaran menggunakan QSPM. Teknik pengolahan data skripsi ini menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil analisis SWOT menghasilkan tujuh kekuatan, enam kelemahan, enam peluang, delapan ancaman. Pada matriks IE menunjukkan posisi di sel II, merekomendasikan strategi tumbuh dan berkembang (grow and build) melalui integrasi, penetrasi pasar, dan pengembangan produk sebagai opsi yang paling sesuai. Selain itu, matriks SWOT menghasilkan tiga belas alternatif strategi. Tahap akhir menggunakan QSPM memberikan rekomendasi strategi yaitu Meningkatkan frekuensi live streaming, iklan, jumlah voucher dengan menampilkan desain yang menarik, harga terjangkau dan kualitas bahan untuk memenuhi harapan konsumen dan memperluas pasar.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | Zahra Alkania Dinillah |
Date Deposited: | 05 Oct 2024 05:51 |
Last Modified: | 05 Oct 2024 05:51 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21372 |