STUDI KASUS PENYEBAB KEBOCORAN ENGINE FUEL PUMP PADA PESAWAT BOEING B737-800

1802313004, Pagar Mananda Sihotang (2021) STUDI KASUS PENYEBAB KEBOCORAN ENGINE FUEL PUMP PADA PESAWAT BOEING B737-800. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of IDENTITAS TUGAS AKHIR] Text (IDENTITAS TUGAS AKHIR)
HALAMAN IDENTITAS REPOSITORY.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Tugas Akhir] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Tugas Akhir)
isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of MANUSKRIP ARTIKEL ILMIAH] Text (MANUSKRIP ARTIKEL ILMIAH)
jurnal repository.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Engine fuel system adalah sistem bahan bakar yang mengalir di dalam mesin pesawat. Hasil dari sistem ini digunakan untuk pembakaran di combustion chamber, oleh karena itu dibutuhkan pressure yang sesuai untuk menciptakan pembakaran yang optimal. Engine fuel pump adalah komponen yang terpasang pada jalur distribusi fuel di dalam engine yang berfungsi untuk menghasilkan tekanan keluaran dan jumlah aliran bahan bakar yang dibutuhkan. Pada penelitian ini ditemukan permasalahan leakage pada fuel pump yang disebabkan oleh kerusakan internal part. Penelitian ini berisikan data-data studi kasus kegagalan engine fuel system dengan menggunakan diagram pareto. Dari Analisis diagram pareto, ditentukan penyebab kebocoran (leakage) fuel pada fuel pump yang disebabkan oleh kerusakan pada Relief valve. Hasil dari inspeksi internal komponen ditemukan kerusakan pada Packing relief valve yang membuat distibusi aliran fuel return terggangu jika output pump mengalami overpressure. Fuel digunakan untuk pembakaran pada combustion chamber. Fuel Pump adalah distributor fuel dengan pressure yang dihasilkan sebesar 1.200 psi. apabila tekanan keluaran berlebihan, akan menyebab kerusakan internal pada pipa jalur distribusi. Oleh karena itu, terdapat komponen pengaman atas permasalahan tersebut. Relief valve adalah part reduktor pressure untuk menjaga tekanan fuel. Hasil dari inspeksi internal komponen ditemukan kerusakan pada Packing relief valve yang membuat distibusi aliran fuel return terggangu jika output pump mengalami overpressure sehingga dalam melakukan reduksi tekanan tidak dapat bekerja dengan baik. Kerusakan packing menyebabkan kebocoran fuel pada permukaan pump yang melewati bagian luar relief valve. Hal ini diperlukan tindakan pemeliharaan dengan penggatian relief valve packing set untuk menghentikan kebocoran yang terjadi pada pump. Penggantian packing bertujuan untuk mengembalikan fungsi dari relief part dan menjaga keamanan dari komponen.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Pagar Mananda Sihotang
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:55
Last Modified: 14 Sep 2021 02:55
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2133

Actions (login required)

View Item
View Item