ANALISIS WAKTU ANTRE DAN MODEL ANTREAN CHECK-IN COUNTER BAGASI TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG PENERBANGAN MASKAPAI CITILINK PADA TERMINAL 3 BANDARA SOEKARNO HATTA

Ubaydillah Al Farizy, 2005421061 and Chandra, Yanita Ella Nilla and Rosalina, Erlyn and Latianingsih, Nining and Kurniasari, Ratri (2024) ANALISIS WAKTU ANTRE DAN MODEL ANTREAN CHECK-IN COUNTER BAGASI TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG PENERBANGAN MASKAPAI CITILINK PADA TERMINAL 3 BANDARA SOEKARNO HATTA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of (Cover, Abstrak, Kata Pengantar (Tanpa TTD), Daftar Isi, Daftar Tabel dst, Bab 1, Bab 3, Daftar Pustakadan Lampiran.] Text ((Cover, Abstrak, Kata Pengantar (Tanpa TTD), Daftar Isi, Daftar Tabel dst, Bab 1, Bab 3, Daftar Pustakadan Lampiran.)
2005421061_Ubaydillah Al Farizy_Bagian 1.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 & Saran] Text (Bab 2 & Saran)
2005421061_Ubaydillah Al farizy_Bagian 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (421kB)

Abstrak

Penelitian ini menganalisis waktu Antre dan model Antrean di check-in counter bagasi penumpang maskapai Citilink di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta serta pengaruhnya terhadap kepuasan penumpang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasi langsung dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu Antre rata-rata di check-in counter bervariasi antara 7 hingga 25 menit, tergantung pada jam sibuk. Model Antrean yang digunakan adalah Multi Channel Single Phase dengan disiplin FIFO (First In, First Out). Beberapa faktor yang memengaruhi waktu Antre termasuk jumlah penumpang yang datang bersamaan, ketersediaan staf check-in, dan jumlah counter yang dibuka. Peningkatan jumlah counter check-in dan keterampilan staf dapat meningkatkan efisiensi waktu Antre dan kepuasan penumpang. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk optimalisasi jumlah counter check-in dan pelatihan tambahan bagi staf check-in untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Kata Kunci: Waktu Antre, Model Antrean , Kepuasan Penumpang, Check-in Counter, Citilink, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 650 Manajemen dan layanan tambahan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Ubaydillah Al Farizy
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:47
Last Modified: 10 Sep 2024 06:47
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21188

Actions (login required)

View Item
View Item