4517010025, Aulia Atari Aziza (2021) RANCANGAN USAHA JASA PENYELENGGARA INTIMATE MUSIC AND TALKSHOW OLEH CV HIKARI HITO. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
JudulPendahuluandanPenutup.pdf
Download (15MB)
ISIBab3sdBab6.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB)
Abstrak
CV Hikari Hito merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyelenggaraan acara musik. Perusahaan didirikan pada tahun 2021 dan mulai beroperasional secara resmi dengan melakukan aktivitas penjualan pada awal tahun 2022 dengan modal awal yaitu sebesar Rp100.000.000 (seratus juta rupiah) yang berasal dari investasi 3 (tiga) orang pendiri perusahaan yaitu Ahsanul Insani sebagai Direktur Utama sebesar Rp50.000.000 (50%), Alfriandi Rizqi Sya’bana sebagai Direktur Keuangan sebesar Rp25.000.000 (25%), dan Aulia Atari Aziza sebagai Direktur Pemasaran sebesar Rp25.000.000 (25%).
Core product CV Hikari Hito adalah Serumah Intimate Music and Talkshow yang merupakan produk andalan perusahaan berupa konser musik yang dipadukan dengan gelar wicara. Hasil riset yang dilakukan kepada 120 responden menunjukan 70% responden sangat tertarik untuk datang ke Serumah Intimate Music and Talkshow. Perusahaan juga memiliki dua supporting product bernama Cinderamata yang merupakan jasa pembuatan merchandise serta Berkunjung yang merupakan jasa perencanaan tur musik.
Segmentasi pasar Serumah Intimate Music and Talkshow adalah milenial dan generasi Z yang berusia 18-28 tahun, pekerjaan mahasiswa atau karyawan dengan pendapatan mulai dari Rp2.500.000. Sedangkan segmentasi pasar produk Cinderamata dan Berkunjung adalah perusahaan seperti manajemen talent atau musisi independen. Targeting Serumah Intimate Music and Talkshow berjumlah 200 penonton atau lebih dalam setiap kali penyelenggaraan. Kemudian targeting penjualan produk Cinderamata sebanyak 10 kali dan produk Berkunjung sebanyak 2 kali.
Positioning perusahaan sebagai penyelenggara Serumah Intimate Music and Talkshow yang dapat mendekatkan penggemar dengan musisi idolanya. Strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan menggunakan 7p: product, price, place, physical evidence, people, promotion, dan process. Strategi promosi akan memanfaatkan teknologi digital melalui fitur GoogleAds dan InstagramAds sehingga akan menjangkau konsumen yang sesuai dengan target perusahaan.
Proyeksi penjualan dalam jangka waktu 3 tahun ke depan pada core product Serumah Intimate Music and Talkshow sebanyak 12 kali, supporting product Cinderamata sebanyak 30 kali, dan Berkunjung sebanyak 7 kali. Berdasarkan proyeksi penjualan tersebut akan memperoleh pendapatan sebesar Rp853.014.000 (delapan ratus lima puluh tiga juga empat belas ribu rupiah)
Perhitungan Net Present Value (NPV) CV Hikari Hito memiliki NPV sebesar Rp118.995.258 (seratus delapan belas juta sembilan ratus sembilan puluh lima ribu dua ratus lima puluh delapan rupiah). Usaha dinilai layak jika NPV > 0 atau bernilai positif, maka perushaan layak dijalankan. Pada perhitungan Payback Period (PP), modal awal perusahaan akan kembali dalam waktu 1 tahun 1 bulan 19 hari dengan pertimbangan kondisi pasar yang stabil.
Dari seluruh analisis yang kami lakukan mulai dari analisis pasar, analisis keuangan, dan analisis resiko usaha, kami berkeyakinan bahwa business plan ini layak untuk dijalankan dan berpotensi menjadi perusahaan yang mampu bersaing.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 700 - Seni dan Rekreasi > 780 Musik > 780 Musik 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 791 Pertunjukan umum |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > MICE D4 |
User ID Pengunggah: | Aulia Atari Aziza |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 05:22 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 05:22 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2118 |