RANCANGAN USAHA PENYEDIA JASA PHOTO BOOTH HOLOGRAM UNTUK EVENT OLEH CV FOTOHOLO INDONESIA

4517010023, Ardiansah Ramadhan and 4517010052, Ammar Salam and 4517010045, Nuke Divanka Putri (2021) RANCANGAN USAHA PENYEDIA JASA PHOTO BOOTH HOLOGRAM UNTUK EVENT OLEH CV FOTOHOLO INDONESIA. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, pendahuluan, dan penutup] Text (Judul, pendahuluan, dan penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (13MB)
[thumbnail of Isi Bab 3 sd Bab 6] Text (Isi Bab 3 sd Bab 6)
IsiBab3sdBab6.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

CV Fotoholo Indonesia merupakan usaha penyedia jasa vendor photo booth
untuk kebutuhan event. CV Fotoholo Indonesia memiliki nama branding Fotoholo
yang mempresentasikan nama perusahaan, jenis usaha, dan kemudahan pasar
mengingat nama brand. CV Fotoholo Indonesia ini didirikan oleh tiga orang pendiri
dengan latar belakang pendidikan MICE, yang dimana dalam menjalankan usahanya
tidak hanya sekadar menjual produk, melainkan membantu kesuksesan
penyelenggaraan event oleh klien dengan pemahaman yang baik akan manajemen
event.
Produk yang ditawarkan oleh CV Fotoholo Indonesia adalah photo booth
dengan hasil cetak berupa hologram yang belum banyak digunakan vendor lain. Hasil
cetak hologram, jika digerakkan akan memberikan efek 2 hingga 3 foto dalam satu
frame. Produk yang ditawarkan oleh CV Fotoloho Indonesia yaitu Hologram Photo
Booth, yang terdiri dari dua paket yaitu Full Package Hologram Photo Booth, dan
Standard Photo Booth. Walaupun kedua paket sama produknya yaitu Hologram
Photo Booth, tetapi ada perbedaan diantara kedua paket yaitu produk hasil cetak
dengan Magnet yang berada pada Full Package Hologram Photo Booth. Pada hasil
riset yang dilakukan kepada responden dengan ketertarikan akan event, photo booth
dengan hasil cetak foto hologram. Dari hasil riset tersebut dapat disimpulkan bahwa
responden cukup tertarik dengan produk yang ditawarkan oleh CV Fotoholo Indonesia.
Rencana usaha yang direncanakan oleh CV Fotoholo Indonesia ini sudah
memperhitungkan bagaimana usaha ini akan dijalankan. Untuk memulai usaha ini
dibutuhkan dana investasi sebesar Rp. 200.000.000 yang berasal dari tiga pendiri
perusahaan dengan rincian persentase dari nilai investasi yaitu Ammar Salam sebagai
Direktur Utama sebesar 40%, Ardiansah Ramadhan sebagai Direktur Keuangan
sebesar 30%, Nuke Divanka sebagai Direktur Marketing sebesar 30%.
Berdasarkan riset data melalui website dan wawancara langsung terhadap
pihak photo booth yang dilakukan untuk melihat gambaran pasar, dapat dilihat bahwa
kenaikan tren perkembangan pasar di bidang jasa Photo Booth untuk corporate event
terus berkembang setiap tahunnya, mendorong CV Fotoholo Indonesia untuk
memasuki bisnis bidang jasa Photo Booth. Dapat dilihat dari Proyeksi jumlah
kegiatan photo booth yang diselenggarakan oleh pesaing di tahun mendatang pada
2020 berjumlah 1197 photo booth, pada tahun 2021 berjumlah 1615 photo booth,
pada tahun 2022 berjumlah 2180 photo booth, pada tahun 2023 berjumlah 2943 photo
booth, dan pada tahun 2024 berjumlah 3973 photo booth.
Dari analisa keuangan yang sudah dibuat CV Fotoholo Indonesia sudah dapat
menghasilkan laba bersih pada tahun dimulainya penjualan pada 2022 yaitu sebesar
Rp.92.281.993, pada tahun 2023 sebesar Rp.100.176.635, dan pada tahun 2024
sebesar Rp.262.703.736. Laba bersih yang dapat dihasilkan yang meningkat setiap
tahunya membuktikan bahwa usaha yang dijalankan CV Fotoholo memiliki potensi
yang cukup besar jika dijalankan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Ardiansah Ramadhan
Date Deposited: 10 Sep 2021 14:45
Last Modified: 10 Sep 2021 14:45
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2116

Actions (login required)

View Item
View Item