ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PLTMG SETELAH OVERHAUL DI SPBG KLENDER

2002321033, Ahmad Firmansyah (2024) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PLTMG SETELAH OVERHAUL DI SPBG KLENDER. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of SKRIPSI AHMAD FIRMANSYAH BAB 1 & BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI AHMAD FIRMANSYAH BAB 1 & BAB 5.pdf - Draft Version

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AHMAD FIRMANSYAH BAB 2 - BAB 4.pdf] Text
SKRIPSI AHMAD FIRMANSYAH BAB 2 - BAB 4.pdf - Draft Version
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of JURNAL SEMNAS AHMAD FIRMANSYAH.pdf] Text
JURNAL SEMNAS AHMAD FIRMANSYAH.pdf - Submitted Version
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (733kB)

Abstrak

PLTMG menggunakan mesin gas yang memerlukan perawatan atau overhaul setelah periode masa operasional tertentu. Overhaul adalah proses penting yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja mesin dan memastikan efisiensi dan keandalan mesin gas dalam jangka panjang. Overhaul mesin tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi termal, tetapi juga dapat membuat mesin lebih hemat bahan bakar dan memperpanjang umur operasionalnya. Dengan melakukannya secara berkala, dapat mengurangi risiko kerusakan yang signifikan. Seperti pada penelitian ini yang menggunakan metode komparatif, yaitu membandingan kinerja PLTMG sebelum dan sesudah overhaul. Penelitian ini menganalisis perbandingan kinerja Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) sebelum dan sesudah overhaul dengan pergantian turbocharger yang fokus pada efisiensi termal dan Specific Fuel Consumption (SFC). Data menunjukkan peningkatan efisiensi termal dari 47% menjadi 53% setelah overhaul. SFC juga menurun dari 9 - 11 scf/kWh menjadi stabil pada 8 scf/kWh. Hasil ini menunjukan bahwa overhaul dengan pergantian turbocharger dapat meningkatkan kinerja PLTMG secara signifikan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknologi Rekayasa Konversi Energi D4
User ID Pengunggah: Ahmad Firmansyah
Date Deposited: 11 Sep 2024 15:28
Last Modified: 11 Sep 2024 15:28
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21128

Actions (login required)

View Item
View Item