PENGARUH AFFILIATE MARKETING DAN FENOMENA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KONSUMEN BERBELANJA ONLINE (Studi Kasus pada Generasi Z Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Depok)

2005421005, Fira Gunawan (2024) PENGARUH AFFILIATE MARKETING DAN FENOMENA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KONSUMEN BERBELANJA ONLINE (Studi Kasus pada Generasi Z Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Depok). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Cover s.d. Daftar Gambar_BAB I_BAB III_Lampiran] Text (Cover s.d. Daftar Gambar_BAB I_BAB III_Lampiran)
1. Cover s.d. Daftar Gambar_BAB I_BAB III_Lampiran.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_Saran] Text (BAB II_Saran)
2. BAB II_Saran.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh Affiliate Marketing dan fenomena Fear of Missing Out (FOMO) terhadap perilaku konsumtif konsumen dalam berbelanja online, dengan fokus pada Generasi Z pengguna aplikasi Shopee di Kota Depok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif serta mengumpulkan data menggunakan kuesioner dengan sampel 100 responden dan diolah menggunakan metode analisis PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Affiliate Marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif konsumen dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,185 dan p-value 0,004. Variabel Fear of Missing Out (FOMO) juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif konsumen dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,734 dan p-value 0,000. Selain itu, hasil analisis menunjukkan bahwa kombinasi variabel Affiliate Marketing dan Fear of Missing Out (FOMO) memiliki hubungan moderat terhadap perilaku konsumtif dengan kontribusi sebesar 63%. Sisanya, dengan persentasi sebesar 37% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan dalam sistem Affiliate Marketing dan fenomena Fear of Missing Out (FOMO) dapat secara signifikan meningkatkan perilaku konsumtif konsumen.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Kata Kunci Uncontrolled: Affiliate Marketing, Fear Of Missing Out (FOMO), Perilaku Konsumtif
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Fira Gunawan
Date Deposited: 10 Sep 2024 05:10
Last Modified: 10 Sep 2024 05:10
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21081

Actions (login required)

View Item
View Item