ANALISIS PELAYANAN CHECK IN COUNTER MASKAPAI BATIK AIR TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA (Studi Kasus Pada Counter Pulau Jawa Saat Peak Season)

2005421028, Gheisca Ayu Ramadhan (2024) ANALISIS PELAYANAN CHECK IN COUNTER MASKAPAI BATIK AIR TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA (Studi Kasus Pada Counter Pulau Jawa Saat Peak Season). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Abstrak, Bab 1, Bab 3, Dafpus dan Lampiran] Text (Abstrak, Bab 1, Bab 3, Dafpus dan Lampiran)
BAGIAN 1.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 2 dan Saran] Text (Bab 2 dan Saran)
BAGIAN 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

GHEISCA AYU RAMADHAN. Analisis Pelayanan Check in Counter Maskapai Batik Air Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Studi Kasus Pada Counter Pulau Jawa Saat Peak Season). Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta. 2024.

Penelitian ini mengkaji kepuasan penumpang terhadap layanan counter check-in Batik Air di Bandara Internasional Soekarno-Hatta selama musim puncak, dengan fokus pada identifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi kepuasan dan mengusulkan solusi untuk perbaikan. Penelitian ini menggunakan metode sampling nonprobabilitas dan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner, dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman serta Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan perangkat lunak Smart PLS. Temuan menunjukkan bahwa pelayanan prima memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kepuasan penumpang dengan nilai path coefficient sebesar 0.847 dan p-value 0.000. Selain itu, variabel pelayanan prima mampu menjelaskan 71.7% variabilitas dalam kepuasan penumpang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan yang cepat, efektif, dan ramah sangat berpengaruh terhadap kepuasan penumpang, sementara waktu tunggu yang lama dan pelayanan yang kurang informatif cenderung menurunkan tingkat kepuasan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meningkatkan kualitas pelayanan check-in dan mengurangi waktu tunggu merupakan langkah penting untuk meningkatkan kepuasan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta selama musim puncak.

Kata kunci: Counter Check in, Musim Puncak, Pelayanan Prima, Kepuasan Penumpang

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 388 Transportasi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 650 Manajemen dan layanan tambahan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Gheisca Ayu Ramadhan
Date Deposited: 10 Sep 2024 05:09
Last Modified: 10 Sep 2024 05:09
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21043

Actions (login required)

View Item
View Item