Pengaruh Kompensasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Loyalitas Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Karyawan Detikcom PT Trans Digital Media)

2005421020, Dwi Cahya Mayningtiyas (2024) Pengaruh Kompensasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Loyalitas Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Karyawan Detikcom PT Trans Digital Media). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Cover_BAB 1_BAB 3] Text (Cover_BAB 1_BAB 3)
Cover_BAB 1_BAB 3_Dwi Cahya Mayningtiyas.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2_SARAN] Text (BAB 2_SARAN)
BAB 2_SARAN_Dwi Cahya Mayningtiyas.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (868kB)

Abstrak

Loyalitas karyawan memainkan peran kunci dalam penilaian keberhasilan manajemen sumber daya manusia suatu perusahaan. Penelitian ini membahas mengenai analisis yang dilakukan pada karyawan Detikcom PT Trans Digital Media terkait kebijakan kompensasi yang diterapkan serta kepuasan dari karyawan terhadap loyalitas kerja yang dimediasi oleh variabel motivasi kerja. Penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner dan analisis data menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap loyalitas kerja dengan nilai koefisien jalur 0.011 dan PValues 0,929, sementara kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas kerja dengan nilai koefisien jalur 0.431 dan PValues 0,000. Kompensasi dan kepuasan kerja masing-masing juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja dengan nilai koefisien jalur 0.380 dan 0,601 serta PValues 0,000 dan 0,000. Selain itu, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas kerja dengan nilai koefisien jalur 0.592 dan PValues 0,000. Motivasi juga dapat memediasi pengaruh kompensasi dan juga kepuasan kerja terhadap loyalitas kerja dengan masing masing nilai koefisien jalur 0.201 dan 0,318 serta PValues 0,002 dan 0,001. Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun kompensasi dalam suatu perusahaan adalah hal yang penting, namun aspek kepuasan kerja memiliki peran yang lebih dominan dalam meningkatkan loyalitas karyawan, dan motivasi kerja menjadi kunci penting dalam proses ini.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: S.Tr Ab Dwi Cahya Mayningtiyas
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:55
Last Modified: 10 Sep 2024 04:55
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20880

Actions (login required)

View Item
View Item