Perancangan Sistem Pencatatan Transaksi dan Pelaporan Keuangan Menggunakan Google Spreadsheet (Studi Kasus Percetakan Tunas Karya)

2004431049, Ajeng Aditya Putri (2024) Perancangan Sistem Pencatatan Transaksi dan Pelaporan Keuangan Menggunakan Google Spreadsheet (Studi Kasus Percetakan Tunas Karya). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Halaman Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Judul, Pendahuluan, dan Penutup_Ajeng Aditya Putri_2004431049.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi (Bab 2 - Bab 4)_Ajeng Aditya Putri_2004431049.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
B-ARTIKEL SNAM_AJENG ADITYA PUTRI_2004431049.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (843kB)

Abstrak

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Salah satu tantangan yang dihadapi dalam pengembangan UMKM adalah terkait permodalan. Banyak UMKM belum dapat mengakses pendanaan bank karena tidak memenuhi syarat, terutama dalam hal penyediaan laporan keuangan. UMKM Percetakan Tunas Karya adalah salah satu UMKM yang pencatatan transaksi keuangannya masih dilakukan secara manual dan belum pernah membuat laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pencatatan transaksi dan pelaporan keuangan bagi UMKM Percetakan Tunas Karya menggunakan Google Spreadsheet. Dengan adanya sistem tersebut, diharapkan UMKM Percetakan Tunas Karya dapat memahami kondisi keuangan usaha dan membantu mempermudah proses pengajuan pinjaman ke Bank. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek penelitian adalah bukti transaksi dan catatan keuangan. Data yang digunakan terdiri dari data primer berupa hasil wawancara dan observasi, serta data sekunder berupa dokumen-dokumen dari UMKM tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dirancang menggambarkan satu siklus akuntansi mulai dari penjurnalan hingga penyusunan laporan keuangan. Perancangan dilakukan berdasarkan pendekatan System Development Life Cycle (SDLC). Hasil simulasi menunjukkan bahwa proses pengolahan data keuangan UMKM Percetakan Tunas Karya menjadi lebih cepat dan akurat setelah menggunakan sistem pencatatan transaksi dan pelaporan keuangan.

Kata kunci: Pencatatan Transaksi, Pelaporan Keuangan, Google Spreadsheet

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Ajeng Aditya Putri
Date Deposited: 02 Sep 2024 00:26
Last Modified: 02 Sep 2024 00:26
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20745

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item