PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN PERSEPSI KEGUNAAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN ULANG APLIKASI E-COMMERCE MINIMARKET ALFAGIFT (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Alfagift Pada Followers Instagram @alfagift_idn)

2005421021, Eka Yulia Putri (2024) PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN PERSEPSI KEGUNAAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN ULANG APLIKASI E-COMMERCE MINIMARKET ALFAGIFT (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Alfagift Pada Followers Instagram @alfagift_idn). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian II] Text (Bagian II)
EKA YULIA PUTRI_2005421021 - BAG2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (468kB)
[thumbnail of Bagian I] Text (Bagian I)
EKA YULIA PUTRI_2005421021 - BAG1.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

EKA YULIA PUTRI. Pengaruh Customer Experience dan Persepsi Kegunaan Terhadap Minat Penggunaan Ulang Aplikasi E-Commerce Minimarket Alfagift (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Alfagift Pada Followers Instagram @alfagift_idn). Jurusan Administrasi Niaga. Politeknik Negeri Jakarta. 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh customer experience dan persepsi kegunaan terhadap minat penggunaan ulang aplikasi e-commerce minimarket Alfagift pada pengguna aplikasi Alfagift khususnya followers Instagram @alfagift_idn. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pihak Alfagift dalam memperhatikan customer experience dan persepsi kegunaan dari aplikasi Alfagift tersebut, sehingga kegiatan penggunaan ulang aplikasi Alfagift dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Total populasi pada penelitian ini sebanyak 370.000 jiwa. Dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis pendekatan purposive sampling. Cara penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dan didapatkan sampel sebanyak 100 responden. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R^2), uji T dan uji F. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan software SPSS 26 for windows. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa penelitian ini memenuhi syarat distribusi yang normal, yaitu sebesar 0,200 > 0,05. Model persamaan regresi dalam penelitian ini Y = 18,986 + 0,404 X1 + 0,388 X2+ e sehingga dinyatakan bahwa penelitian ini layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil korelasi secara parsial variabel customer experience memberikan pengaruh terhadap minat penggunaan ulang sebesar 61,31% dan persepsi kegunaan memberikan pengaruh terhadap minat penggunaan ulang sebesar 62,09%. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi (R^2), sebesar 66,1% minat penggunaan ulang aplikasi Alfagift dipengaruhi oleh variabel independen yaitu customer experience dan persepsi kegunaan dan sisanya sebesar 33,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk ke dalam cakupan pada penelitian ini. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif signifikan antara variabel customer experience dan persepsi kegunaan terhadap minat penggunaan ulang aplikasi e-commerce minimarket Alfagift baik secara parsial dan simultan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa H_a diterima dan H_0 ditolak

Kata Kunci: Customer Experience, Persepsi Kegunaan, Pengguna Aplikasi Alfagift, Minat Penggunaan Ulang.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 002 Buku (topik menulis, perpustakaan, dan buku)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Eka Yulia Putri
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:40
Last Modified: 10 Sep 2024 06:40
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20699

Actions (login required)

View Item
View Item