Penerapan SEO On Page Pada Struktur Berita Detik Jogja 4 Agustus 2024

1906321104, Anggita Hutami Ratnaningsih (2024) Penerapan SEO On Page Pada Struktur Berita Detik Jogja 4 Agustus 2024. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Text (Bab 2 s_d Bab 4)] Text (Text (Bab 2 s_d Bab 4))
Text (Bab 2 s_d Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (23MB)
[thumbnail of Text (Halaman Identitas, Bab 1 dan Bab 5)] Text (Text (Halaman Identitas, Bab 1 dan Bab 5))
Text (Halaman Identitas, Bab 1 dan Bab 5).pdf

Download (35MB)

Abstrak

Tugas Akhir ini bertujuan untuk menganalisis penerapan SEO On Page pada struktur berita yang diterbitkan oleh DetikJogja pada tanggal 4 Agustus 2024. Media daring, sebagai platform yang menyajikan berbagai jenis karya jurnalistik melalui internet, memerlukan optimasi SEO untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat di mesin pencari. Penelitian ini mengidentifikasi elemen-elemen SEO On Page yang meliputi kata kunci, meta tag, internal link, permalink, dan lain-lain, serta bagaimana penerapannya pada berita DetikJogja.

Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 10 berita yang dikaji, seluruh berita telah menerapkan aspek penulisan berita online dengan bervariasi pemenuhan dari 6 hingga 7 aspek. Namun, penggunaan subjudul dengan kata kunci adalah aspek yang paling banyak tidak terpenuhi. Dalam hal kriteria SEO Google, berita-berita tersebut umumnya memenuhi 11 hingga 12 dari 13 kriteria SEO, dengan masalah utama pada panjang judul dan deskripsi meta.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa SEO On Page berpengaruh signifikan terhadap peringkat berita di mesin pencari, di mana 7 dari 10 berita mencapai halaman pertama hasil pencarian. Dari berita-berita tersebut, 5 berita berada di peringkat pertama, sementara 3 berita tidak masuk halaman pertama. Berdasarkan hasil ini, disarankan agar DetikJogja lebih mematuhi kriteria SEO On Page yang ditetapkan, khususnya dalam hal panjang judul dan deskripsi meta, untuk meningkatkan hasil pencarian dan visibilitas berita mereka.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Penerbitan / Jurnalistik D3
User ID Pengunggah: Anggita Hutami Ratnaningsih
Date Deposited: 19 Sep 2024 07:13
Last Modified: 19 Sep 2024 07:13
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20654

Actions (login required)

View Item
View Item