2101321021, Fajrin Juditya (2024) Perhitungan Tebal Perkerasan Kaku Menggunakan Metode Pd-T-14-2003 dan AASHTO 1993 Serta Anggaran Biaya Pada Proyek Jalan Tol Pekanbaru – Padang Seksi 1. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
FILE 1.pdf
Download (1MB)
FILE 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (3MB)
Abstrak
Desain perkerasan kaku merupakan aspek krusial dalam rekayasa jalan untuk memastikan ketahanan dan durabilitas struktur. Metode desain perkerasan kaku yang digunakan secara luas adalah Metode Bina Marga 2003 dan Metode AASHTO 1993. Setiap metode memiliki kelebihan, kekurangan serta parameter yang memberikan perbedaan pada hasil perhitungannya. Perbandingan antara kedua metode ini menunjukkan perbedaan dalam pendekatan analitis dan adaptasi lokal. Metode Bina Marga 2003 lebih menekankan penyesuaian terhadap kondisi spesifik di Indonesia, sedangkan Metode AASHTO 1993 menyediakan panduan yang lebih umum namun komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan tebal taksiran perkerasan dari tiap metode, Metode Bina Marga 2003 sebesar 21 cm dan Metode AASHTO 1993 sebesar 26 cm. Untuk anggaran biaya struktur perkerasan seksi 1 Jalan Tol Padang – Sicincin sepanjang 16,6 km berdasarkan perencanaan tiap metode berdasarkan tebal taksiran yang diperoleh, untuk Metode Bina Marga 2003 senilai Rp. 310.732.034.184 Dan Metode AASHTO 1993 senilai Rp. 252.491.438.160. Evaluasi dan pemilihan metode desain yang sesuai sangat bergantung pada konteks lokal dan kebutuhan proyek, memberikan pilihan yang lebih baik untuk perancangan perkerasan kaku yang efisien dan berkelanjutan.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Sipil > Konstruksi Sipil D3 |
User ID Pengunggah: | Unnamed user with email fajrin.juditya.ts21@mhsw.pnj.ac.id |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 01:54 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 01:54 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20610 |