PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MAXIM DI KOTA DEPOK

2005421058, Anggun Putri Anggraeni (2024) PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MAXIM DI KOTA DEPOK. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian 1 (Abstrak, Bab 1 dan Bab 3)] Text (Bagian 1 (Abstrak, Bab 1 dan Bab 3))
Anggun Putri Anggraeni-Bagian 1.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Bagian 2 (Bab 2 dan Saran)] Text (Bagian 2 (Bab 2 dan Saran))
Anggun Putri Anggraeni - Bagian 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

ANGGUN PUTRI ANGGRAENI. Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Maxim Di Kota Depok. Program Studi Administrasi Bisnis Terapan, Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Jakarta. 2024.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Maxim di Kota Depok. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk penelitian asosiatif kausal (hubungan sebab-akibat). Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Rumus sampel mengacu pada rumus Lemeshow dengan hasil sampel sebanyak 100 pengguna Maxim dengan pertimbangan yang telah ditentukan. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SmartPLS versi 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai p-values 0.001 < 0.05 dan thitung 3.259 > ttabel 1.96 sehingga hipotesis ini diterima dengan nilai koefisien uji regresi 0.324 (32%). Hal ini menunjukkan bahwa variabel persepsi harga memberikan kontribusi yang cukup kuat dalam mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna aplikasi. Dengan demikian, persepsi harga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pengguna, karena persepsi positif terhadap harga dapat berkontribusi pada pengalaman yang lebih memuaskan dan loyalitas pelanggan yang lebih tinggi. Variabel kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai p-values 0.000 < 0.05 dan thitung 6.287 > ttabel 1.96 sehingga hipotesis ini di terima dengan nilai koefisien uji regresi 0.590 (59%). Hal ini mengindikasikan bahwa kualitas layanan adalah faktor utama yang mempengaruhi kepuasan pengguna. Ini berarti bahwa ketika pengguna merasakan layanan yang berkualitas tinggi seperti kecepatan, kenyamanan, keramahan pengemudi, dan keandalan aplikasi, pengguna cenderung merasa lebih puas dengan pengalaman yang dirasakan. Hasil ini menekankan pentingnya bagi perusahaan untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas layanan. Kualitas layanan yang tinggi tidak hanya meningkatkan kepuasan pengguna, tetapi juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, memperkuat citra merek, dan akhirnya mendorong pertumbuhan bisnis.
Kata Kunci: Persepsi Harga, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Anggun Putri Anggraeni
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:27
Last Modified: 10 Sep 2024 04:27
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20498

Actions (login required)

View Item
View Item