PENGARUH FINANCIAL LITERACY, TINGKAT PENDAPATAN, DAN MOTIVASI DIRI TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL (STUDI KASUS PEGAWAI SETDITJEN DIKTIRISTEK KEMENDIKBUDRISTEK TAHUN 2024)

2004441046, Herse Wiatsri Tri Wulandari (2024) PENGARUH FINANCIAL LITERACY, TINGKAT PENDAPATAN, DAN MOTIVASI DIRI TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL (STUDI KASUS PEGAWAI SETDITJEN DIKTIRISTEK KEMENDIKBUDRISTEK TAHUN 2024). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Halaman Indentitas Skripsi_Herse Wiatsri Tri Wulandari.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi Skripsi_Herse Wiatsri Tri Wulandari.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (661kB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip Artikel Ilmiah_Herse Wiatsri Tri Wulandari.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (354kB)

Abstrak

Pada Tahun 2024 Jumlah investor investasi di Indonesia mengalami peningkatan yang konsisten dan dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini, peningkatan tersebut didominasi oleh masyarakat di wilayah pulau Jawa. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) merupakan Instansi yang berada di wilayah Pulau Jawa yaitu DKI Jakarta dan mempunyai banyak pegawai dengan pendapatan yang cukup tinggi, namun kontribusinya untuk melakukan investasi masi tegolong sedikit. Diduga rendahnya kesadaran untuk berinvestasi menjadi faktor utama atas permasalahan yang terjadi. Dalam penelitian ini bertujuan agar mengetahui bagaimana pengaruh financial literacy, tingkat pendapatan, dan motivasi diri terhadap minat investasi oleh pegawai Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan data primer yang diperoleh dari 95 responden melalui penyebaran kuesioner online menggunakan google form. Data diuji melalui uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis menggunakan aplikasi software IBM SPSS Statistics 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel financial literacy, dan motivasi diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi pegawai Setditjen Diktiristek di pasar modal, sedangkan variabel tingkat pendapatan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi Setditjen Diktiristek di pasar modal.
Kata Kunci: Financial Literacy, Tingkat Pendapatan, Motivasi, Minat Investasi, Pegawai Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 650 Manajemen dan layanan tambahan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Herse Wiatsri Tri Wulandari
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:55
Last Modified: 29 Aug 2024 08:55
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20425

Actions (login required)

View Item
View Item