2006421012, Nur Aeti Fadilah (2024) PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN GROGOL SELATAN 08. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
REVISI_TUGAS AKHIR_NUR AETI FADILAH_DGA BAB 1, 5,& LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
REVISI_TUGAS AKHIR_NUR AETI FADILAH_DGA BAB 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (6MB)
Abstrak
Media pembelajaran yang biasanya digunakan di sekolah hanyalah mencakup fasilitas seperti proyektor, papan tulis, dan komputer/laptop, kegiatan tersebut bersifat begitu kaku, padahal kebanyakan anak menyukai kegiatan bermain sambil belajar, salah satunya di SDN Grogol Selatan 08. Diperlukan media pembelajaran informal menyenangkan selain media pembelajaran formal di kelas misalnya board game edukatif Pendidikan Pancasila yang bertujuan agar peserta didik mampu menanamkan karakter baik dan biasa melakukannya, sehingga bisa mengurangi kasus bullying yang banyak terjadi di Indonesia. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian kualitatif melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi literatur dengan pendekatan perancangan design thinking. Ditemukan bahwa board game pendidikan karakter berhasil menjadi media pembelajaran menyenangkan bagi peserta didik. Dengan demikian, dihasilkan board game bernama Bestari, “Jadilah Pahlawan Berpengetahuan Luas dan Susun Puzzle” yang ditujukan pada peserta didik tingkat 4 SD untuk diterapkan dalam media pembelajaran di kelas oleh pengajar.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4 |
User ID Pengunggah: | Unnamed user with email nur.aetifadilah.tgp20@mhsw.pnj.ac.id |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 10:42 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 10:42 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20281 |