2006411037, Septian Adyatma (2024) PENGEMBANGAN KEMASAN ROTI BAKAR UMKM ROTI BANG DENGAN PENERAPAN METODE KANSEI ENGINEERING. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Halaman Identitas_Septian Adyatma_ BAB 1 & 5.pdf
Download (3MB)
Halaman Isi_Septian Adyatma_BAB 2 - 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB)
Abstrak
Zaman modernisasi ini, kemasan produk tidak hanya menjadi sebuah wadah untuk menyimpan dan melindungi produk dari kontaminasi bakteri diluar kemasan saja. Melainkan kemasan yang unik dan informatif berfungsi sebagai nilai tambah dan daya tarik pembeli suatu produk, terutama pada produk pangan. Salah satunya produk pangan roti bakar UMKM Roti Bang yang masih dikemas hanya menggunakan kertas perkamen yang dilipat untuk membungkusnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemasan produk roti bakar UMKM Roti Bang sesuai dengan emosional konsumen. Hasil kuesioner menunjukan 81,6% kemasan belum sesuai. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalah yang ada menggunakan metode utamanya yaitu Kansei Engineering serta didukung dengan metode K-means Cluster untuk mengkluster kata kansei sehingga menjadi konsep desain. Selanjutnya, untuk menentukan elemen desain diperlukan metode Rough Set. Tahap akhir dari penelitian ini melakukan evaluasi desain menggunakan metode Convolutional Neural Network (CNN). Hasil dari evaluasi kata Kansei mendapatkan 27 kata Kansei dan 39 sampel kemasan. Berdasarkan kata Kansei konsep desain didapatkan dengan metode K-means Cluster yaitu 3 cluster, “Fungsional” untuk cluster 1, “Atraktif” untuk cluster 2, dan “Aman” untuk cluster 3. Ketiga konsep desain kemudian dilakukan evaluasi dengan kuesioner semantic differential II untuk mendapatkan rata – rata jawaban yang nanti digunakan sebagai input penentuan elemen kemasan. Elemen kemasan yang didapat menggunakan metode Rough Set yaitu: Material “Kart board”, bentuk “Balok”, Ukuran “Sedang”, bentuk tutup “Flap”, fitur “Tanpa Fitur”, gaya desain “Informatif”, elemen desain “ilustrasi”, dan tone warna “Warm”, serta konsep desain yang terpilih yaitu “Atraktif”. Evaluasi dengan Convolutional Neural Network (CNN) menyimpulkan bahwa kemasan yang dikembangkan sesuai keinginan konsumen dengan hasil “Predicted probability: Atraktif”.
Kata kunci: cnn, kansei engineering, k-means, roti bakar, rough set