Perancangan Desain Kemasan Tas Sulam Behel Sophicraft

2006421079, Haifa Salsabila Intan (2024) Perancangan Desain Kemasan Tas Sulam Behel Sophicraft. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB PENDAHULUAN] Text (BAB PENDAHULUAN)
Laporan TA Haifa Salsabila Intan_Pendahuluan-BAB1-BAB5-Lampiran_2006421079.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of BAB ISI] Text (BAB ISI)
Laporan TA Haifa Salsabila Intan_Isi_2006421079.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (13MB)

Abstrak

Industri kreatif mencakup berbagai sektor ekonomi yang berfokus pada kreativitas, budaya, dan inovasi dalam menghasilkan produk dan layanan. Kemasan produk, terutama bagi UMKM di bidang fashion, sangat penting dalam mempengaruhi persepsi konsumen, meningkatkan daya tarik produk, dan memberikan nilai tambah pada brand. Sophicraft, sebuah UMKM di bidang fashion, membutuhkan desain kemasan yang unik dan konsisten untuk produk best seller-nya, tas sulam behel. Sophicraft berencana untuk memperluas pasar hingga membutuhkan desain kemasan yang baru yang sesuai dengan pasar yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan merancang desain kemasan yang memiliki diferensiasi dari kompetitor produk sejenis dengan menggunakan metode mix method yang melibatkan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data mencakup studi literatur, wawancara, observasi, survei konsumen, dan analisis SWOT. Proses desain menggunakan metode design thinking yaitu, empathize, define, ideate, prototype dan testing. Penelitian ini menghasilkan desain kemasan baru yang mempertimbangkan elemen visual seperti warna, tipografi dan ilustrasi, serta mempertahankan tone dan manner merek Sophicraft, diharapkan diferensiasi yang dilakukan pada desain kemasan dapat meningkatkan daya saing produk di pasar lokal dan internasional.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: S.Tr Haifa Salsabila Intan
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:13
Last Modified: 27 Aug 2024 03:13
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19674

Actions (login required)

View Item
View Item