PERHITUNGAN BEBAN POKOK JASA PERJALANAN WISATA MENGGUNAKAN METODE TIME-DRIVEN ACTIVITY BASED COSTING PADA UMKM COKOR HEJO TRAVEL

2004431029, SULIS ROS INTAN (2024) PERHITUNGAN BEBAN POKOK JASA PERJALANAN WISATA MENGGUNAKAN METODE TIME-DRIVEN ACTIVITY BASED COSTING PADA UMKM COKOR HEJO TRAVEL. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi, Pendahuluan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Halaman Identitas Skripsi, Pendahuluan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Skripsi (Bab 2 - Bab 4)] Text (Isi Skripsi (Bab 2 - Bab 4))
ISI SKRIPSI (BAB 2 - BAB 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (803kB)

Abstrak

Penelitian ini menghitung beban pokok jasa perjalanan wisata di Cokor Hejo Travel (CHT) menggunakan metode Time-Driven Activity Based Costing (TDABC) sebagai alternatif perhitungan. Hal ini dikarenakan CHT belum memperhitungkan biaya overhead pada perhitungan beban pokok jasa perjalanan wisatanya. Sehingga berdampak pada perhitungan beban pokok produk yang tidak akurat. Metode TDABC digunakan karena dianggap mampu menghitung biaya lebih akurat dengan waktu sebagai dasar pengalokasiannya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan studi kasus, menggunakan data primer dari wawancara dan observasi, serta data sekunder dari dokumentasi pencatatan keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TDABC dapat mengidentifikasi biaya overhead dengan lebih baik. Metode TDABC menghasilkan angka biaya yang lebih tinggi dibandingkan perhitungan CHT saat ini. Akibatnya CHT perlu menaikan harga jual jasanya. Dampak dari penggunaan metode TDABC dapat meningkatkan tingkat pendapatan penjualan serta rasio Gross Profit Margin di CHT. Oleh karena itu, metode TDABC dapat diterapkan untuk perhitungan beban pokok jasa perjalanan wisata yang lebih akurat di CHT.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Sulis Ros Intan
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:25
Last Modified: 26 Aug 2024 01:25
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19579

Actions (login required)

View Item
View Item