DAMPAK INVASI RUSIA UKRAINA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN BERBAHAN DASAR JAGUNG DAN GANDUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2020-2023

2004441058, Annisa Nurfitriani (2024) DAMPAK INVASI RUSIA UKRAINA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN BERBAHAN DASAR JAGUNG DAN GANDUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2020-2023. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, Penutup)
BAB 1&5_Annisa Nurfitriani_MK8B.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Tinjauan Pustaka, Metodologi Penelitian, Hasil dan Pembahasan] Text (Tinjauan Pustaka, Metodologi Penelitian, Hasil dan Pembahasan)
BAB 2-4_Skripsi Terapan_Annisa Nurfitriani_MK8B.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (887kB)
[thumbnail of Artikel Skripsi] Text (Artikel Skripsi)
ARTIKEL SNAM_Annisa Nurfitriani_MK8B.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (745kB)

Abstrak

Pasca dilanda wabah Covid-19, terjadi invasi yang dilakukan oleh Rusia terhadap Ukraina pada 24 Februari 2022. Perang yang terjadi ini menjadikan terganggunya pengiriman jagung ataupun gandum dari Rusia dan Ukraina. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rasio likuiditas, rasio profitabilitas, serta rasio solvabilitas guna melihat kinerja keuangan perusahaan berbahan dasar jagung dan gandum. Sampel yang digunakan adalah 8 perusahaan berbahan dasar jagung dan gandum yang terdaftar di BEI tahun 2020-2023 dan telah sesuai dengan kriteria pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan teknik analisis kinerja keuangan menggunakan formula perhitungan rasio-rasio keuangan yang menjadi indikator penelitian. Penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil yang fluktuatif dari setiap indikator rasio yang digunakan seperti Rasio Likuiditas (Current Ratio) yang hampir mendekati standar industri, hal ini menunjukkan upaya perusahaan dalam memperkuat posisi keuangan. Rasio Profitabilitas (Return On Asset & Return On Equity) yang berada dibawah standar industri dan perkembangannya menurun hal ini akibat gangguan pasokan karena perang Rusia Ukraina yang berlangsung. Rasio Solvabilitas (Debt to Assets Ratio & Debt to Equity Ratio) yang berada diatas standar industri, hal ini menunjukkan tingginya utang dalam menjaga stabilitas keuangan perusahaan.
Kata kunci: Kinerja Keuangan, Rasio Keuangan, Perang Rusia Ukraina.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: S. Tr. M Annisa Nurfitriani
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:03
Last Modified: 26 Aug 2024 07:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19448

Actions (login required)

View Item
View Item