PERANCANGAN SISTEM ACTIVITY BASED COSTING DALAM MENENTUKAN BEBAN POKOK PRODUKSI SEPATU (STUDI KASUS PADA PT. XYZ)

2004431028, Yulianti Veronika (2024) PERANCANGAN SISTEM ACTIVITY BASED COSTING DALAM MENENTUKAN BEBAN POKOK PRODUKSI SEPATU (STUDI KASUS PADA PT. XYZ). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Judul, Pendahuluan, dan Penutup_Yulianti Veronika.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Bab 2 sd 4_Yulianti Veronika.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem Activity Based Costing (ABC) sebagai alternatif dalam menentukan biaya produksi di PT. XYZ dan membandingkannya dengan metode tradisional yang saat ini digunakan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode perhitungan biaya tradisional yang digunakan di PT. XYZ menyebabkan distorsi biaya karena berbagai produk masih dihitung dengan metode yang sama, meskipun memiliki karakteristik yang berbeda. Setelah menerapkan sistem ABC, ditemukan bahwa biaya produksi untuk produk pria (Men's) mengalami overcosting, sementara produk wanita (Women's) dan anak-anak (Kids) mengalami undercosting. Produk- produk yang teridentifikasi mengalami distorsi biaya telah dianalisis, dan solusi untuk mengatasi masalah ini telah disarankan. Penerapan sistem ABC diharapkan dapat meningkatkan akurasi perhitungan biaya dan mendukung keputusan yang lebih tepat dalam penetapan harga jual produk di PT. XYZ.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Yulianti Veronika
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:25
Last Modified: 26 Aug 2024 01:25
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19435

Actions (login required)

View Item
View Item