PERHITUNGAN BEBAN POKOK KAMAR RAWAT INAP MENGGUNAKAN METODE TIME DRIVEN ACTIVITY BASED COSTING (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT XYZ)

2004431020, Muharani Zahra (2024) PERHITUNGAN BEBAN POKOK KAMAR RAWAT INAP MENGGUNAKAN METODE TIME DRIVEN ACTIVITY BASED COSTING (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT XYZ). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Judul, Pendahuluan, dan Penutup_Muharani Zahra.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2 sd Bab 4] Text (Bab 2 sd Bab 4)
Bab 2 sd Bab 4_Muharani Zahra.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Ketidaktepatan perhitungan beban pokok kamar rawat inap di RS XYZ mengakibatkan tarif yang lebih tinggi dibandingkan RS swasta tipe B lainnya di Jakarta Pusat. Dalam persaingan ketat rumah sakit di DKI Jakarta, RS XYZ membutuhkan metode perhitungan yang lebih akurat. Metode Time Driven Activity Based Costing (TDABC) dipilih untuk membebankan biaya secara akurat dengan cost driver waktu. Penelitian ini bertujuan menghitung beban pokok kamar rawat inap di RS XYZ menggunakan TDABC dan membandingkannya dengan metode saat ini. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan studi kasus, menggunakan data primer dari wawancara dan observasi serta data sekunder dari dokumentasi biaya. Hasil menunjukkan bahwa TDABC menentukan biaya overhead dengan lebih akurat dan menghasilkan beban pokok kamar rawat inap yang lebih tepat. Perbandingan antara metode tradisional dan TDABC menunjukkan adanya distorsi biaya, dengan undercosting untuk kamar kelas III, II, dan VVIP, serta overcosting untuk kamar kelas I, I Utama, dan VIP. Kesimpulannya, TDABC adalah alternatif yang lebih akurat untuk perhitungan beban pokok kamar rawat inap.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Muharani Zahra
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:26
Last Modified: 26 Aug 2024 01:26
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19135

Actions (login required)

View Item
View Item