ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL AKIBAT PEMBUKAAN GERBANG TOL SAWANGAN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PTV VISSIM

2001413003, Syifa Syahidah (2022) ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL AKIBAT PEMBUKAAN GERBANG TOL SAWANGAN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PTV VISSIM. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
(Halaman Identitas Skripsi).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4] Text (BAB 2 s/d BAB 4)
(Isi Skripsi).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (8MB)

Abstrak

Pembukaan pintu Tol Sawangan telah mengubah kinerja jalan arteri Jalan Raya Sawangan serta membuka simpangan baru di area tersebut. Dampak dari pembukaan akses keluar masuk tol terhadap jalan arteri memerlukan analisis yang mendalam terhadap lalu lintas di simpang dan ruas. Proses identifikasi masalah mencakup perumusan masalah terkait kinerja simpang, titik kemacetan di ruas Jalan Raya Sawangan, serta pencarian alternatif solusi untuk meningkatkan kinerja simpang tersebut. Hasil analisis pada simpang bervolume total 1587 SMP/jam memiliki nilai derajat kejenuhan terbesar 0,54 pada pendekat barat, panjang antrian terbesar 57 meter pendekat timur, dan tundaan rata-rata 58,87 detik. Hasil analisis kinerja ruas menghasilkan derajat kejenuhan pada ruas Sawangan dan Margonda secara berurutan sevesae 0,88 dan 0,95, kecepatan tempuh 38 km/jam dan 36 km/jam, dan waktu tempuh sebesar 0,01. Derajat ruas sudah melampaui batas >0,85, maka alternatif solusi untuk mengoptimalisasikan kinerja ruas. Alternatif solusi yang digunakan adalah menghilangkan hambatan samping serta pelebaran jalan menjadi 4/2T. Digunakan perangkat lunak VISSIM untuk mensimulasikan kondisi eksisting dan alternatif solusi ke – 3. Vissim menghasilkan nilai panjang antrian dan tundaan yang berbeda dari perhitungan PKJI.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: syifa syahidah
Date Deposited: 22 Aug 2024 00:56
Last Modified: 22 Aug 2024 00:56
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19125

Actions (login required)

View Item
View Item