Analisis Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi, Dan Peran Media Sosial Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Kota Depok (Studi Kasus Pada Mahasiswa Generasi Z Usia 20-25 Tahun Yang Sudah Menempuh Mata Kuliah Investasi)

2004441027, Fadiltia Ramadhan (2024) Analisis Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi, Dan Peran Media Sosial Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Kota Depok (Studi Kasus Pada Mahasiswa Generasi Z Usia 20-25 Tahun Yang Sudah Menempuh Mata Kuliah Investasi). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, Penutup)
Halaman Indentitas Skripsi Fadil.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Skripsi Fadil.pdf] Text
Isi Skripsi Fadil.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (574kB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Artikel Skripsi Fadiltia Ramadhan.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (582kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi investasi, pengetahuan investasi, dan peran media sosial terhadap minat investasi di kalangan mahasiswa Generasi Z usia 20-25 tahun yang telah menempuh mata kuliah investasi di Kota Depok. Dalam era digital saat ini, media sosial menjadi salah satu sarana penting yang dapat mempengaruhi keputusan investasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 120 responden yang memiliki ketertarikan dalam investasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk melihat sejauh mana ketiga variabel independen tersebut mempengaruhi minat investasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi investasi dan pengetahuan investasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi mahasiswa, sedangkan peran media sosial tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Secara simultan, ketiga variabel independen berpengaruh signifikan terhadap minat investasi. Temuan ini menegaskan pentingnya meningkatkan motivasi dan pengetahuan investasi di kalangan mahasiswa untuk mendorong minat berinvestasi. Implikasi penelitian mencakup perlunya pengembangan program edukasi investasi yang komprehensif dan strategi untuk meningkatkan motivasi investasi mahasiswa.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Fadiltia Ramadhan
Date Deposited: 21 Aug 2024 12:07
Last Modified: 21 Aug 2024 12:07
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19107

Actions (login required)

View Item
View Item