PERANCANGAN BOARD GAME EDUKATIF PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS 1 DAN 2 SDN KAUMPANDAK 05

2006421055, Alya sabrina (2024) PERANCANGAN BOARD GAME EDUKATIF PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS 1 DAN 2 SDN KAUMPANDAK 05. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Isi (Bab 2 sd Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang memiliki konsep rumit dan abstrak, sehingga matematika menjadi salah satu pelajaran yang banyak tidak disukai orang dikarenakan kerumitan dalam menyelesaikan soal pelajaran tersebut, termasuk para siswa di sekolah dasar. Banyak siswa dan siswi di sekolah dasar merasa bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit dipahami dan membosankan. Hal tersebut terjadi dikarenakan metode pembelajaran yang kurang tepat dan kurang menarik salah satunya terjadi pada SDN Kaumpandak 05. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah board game edukatif pelajaran matematika yang interaktif dan menyenangkan. Metode riset desain yang
digunakan dalam perancangan board game edukatif pelajaran matematika khususnya kelas 1 dan 2 di SDN Kaumpandak 05 ini adalah metode design thinking dengan melewati proses Emphatize, define, ideate, prototype, testing dan implement
dalam pendekatannya. Hasil perancangan yang didapat berupa board game edukatif pelajaran matematika, pada board game ini menggunakan strategi race game yang dipadukan dengan roll and move. konsep visual yang didapatkan dari hasil riset desain menghasilkan kata kunci Nature, playful, full color dan didominasi ilustrasi, yang di mana kata kunci tersebut akan diolah ke dalam mind mapping dan moodboard. Pada perancangan ini elemen grafis yang digunakan yakni, ilustrasi mengenai alam yaitu hutan, Pantai, hewan dan langit, untuk tipografinya menggunakan font Poppin dan Poppins, dengan menggunakan warna colorful
bersaturasi rendah yang didapatkan dari tone and manner nature dengan layout asimetris. Melalui perancangan board game edukatif ini diharapkan dapat membantu para guru dan murid di SDN Kaumpandak 05 dalam mempelajari pelajaran matematika dengan mudah dan menyenangkan.
Kata kunci: Board game, media Pembelajaran, pelajaran matematika, anak kelas 1-2 SD, education.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Alya sabrina
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:27
Last Modified: 21 Aug 2024 06:27
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19058

Actions (login required)

View Item
View Item